The Interpretation of News Title of Lapindo Mud Case in Metro TV and TV One by Students of Political Science Department at Universitas Brawijaya.

Cahyani, FrezaNovita (2014) The Interpretation of News Title of Lapindo Mud Case in Metro TV and TV One by Students of Political Science Department at Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hubungan antara bahasa dan masyarakat tidak terpisahkan dengan analisa wacana kritis. Analisa wacana kritis digunakan untuk menyelidiki hubungan antara penggunaan bahasa dan praktek sosial. Oleh karena itu, penulis mengadakan penelitian ini untuk mengetahui kekuatan judul berita di Metro TV dan TV one dalam mempengaruhi mahasiswa Ilmu Politik di Universitas Brawijaya. Dalam studi ini, penulis akan menjawab tiga rumusan masalah yaitu: (1) Apa saja diksi dan pola kalimat yang digunakan di judul berita di Metro TV dan TV one?; (2) bagaimana interpretasi penonton terhadap judul berita tersebut?; (3) Apa pengaruh judul berita di Metro TV dan TV one terhadap mahasiswa Ilmu Politik di Universitas Brawijaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data online dari website dan respon dari partisipan dengan melakukan interview. Hasil studi menunjukkan bahwa ada perbedaan interpretasi antara penulis dan subjek penelitian ini tentang judul berita di Metro TV dan TV one. Penulis mengatakan bahwa judul berita memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat karena memiliki diksi yang kuat. Penulis telah menemukan tiga diksi yang kuat dari kedua judul berita dan juga mengungkapkan bahwa judul berita di Metro TV menggunakan bentuk aktif sedangkan di TV One menggunakan bentuk pasif. Sedangkan subjek-subjek mengatakan bahwa mereka tidak terpengaruh karena mereka tau itu tidak netral. Judul berita ini merupakan alat untuk menarik penonton sehingga termasuk dalam jenis promosi. Ada juga perbedaan interpretasi pengaruh judul berita, penulis mengatakan bahwa judul berita tersebut memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat sedangkan subjek-subjek menentukan Metro TV dan TV one sebagai stasiun TV favorit mereka karena kualitas acaranya, bukan judul beritanya. Dalam melakukan penelitian ini, penulis berharap kepada pembaca agar dapat mengerti etidaknetralan berita yang disajikan di televisi terutama untuk kasus Lumpur Lapindo. Jadi, pembaca dapat lebih bijak dapat menerima berita yang disajikan.

English Abstract

The connection between language and the society cannot be separated from Cricital Discourse Analysis (CDA). CDA explores the links between language use and social practice. The researcher conducts this study in order to know the power of news title in Metro TV and TV One in case of Lapindo Mud in influencing the TV viewers in Political Science Department at Universitas Brawijaya. There are three problems to be solved, namely: (1) What are the dictions and grammar (structure of sentence) used in Metro TV and TV one news title?; (2) How are the news titles interpreted by the audience?; (3) What is the impact of news title in Metro TV and TV one to the students of Political Science Department at Universitas Brawijaya? This study uses qualitative approach. The data sources used in this study are online data source from the websites and responses of the participants by doing interview. This study reveals that there is different interpretation between the researcher and the subjects of this research for the interpretation of news title in Metro TV and TV one. The researcher interprets that the news title can influence the society because it uses strong diction. The researcher finds three strong dictions from two news title and also finds that the news title in Metro TV uses active form while in TV One uses passive form. While the subjects state that the news title cannot influence the society because it is not neutral. Moreover, news title in Metro TV and TV one is one of the tools to attract the audience so it is included as promotional genre. There is also different interpretation about the impact of news title in Metro TV and TV one. The researcher says the news title gives big impact to the TV viewers while the subjects consider Metro TV and TV one as their favorite TV news station is because of content of the news, not the news title. By doing this study, the researcher expects for the readers to understand the unfairness of news presented in television especially in Lapindo Mud case. So, the readers can be wiser in accepting the news.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/194/051403023
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jun 2014 08:12
Last Modified: 18 Oct 2021 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100883
[thumbnail of FREZA_NOVITA_CAHYANI_105110101111043.pdf]
Preview
Text
FREZA_NOVITA_CAHYANI_105110101111043.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item