Luthfiyani, Nadia (2014) Error Analysis on Narrative Paragraphs Written by Students of Al Hikmah Islamic High School Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa merupakan media yang krusial dalam komunikasi manusia. Selain bahasa ibu yang dipelajari sejak mulai mampu berbicara, manusia juga mempelajari bahasa asing. Dalam mempelajari bahasa asing, para pembelajar bahasa sering kali melakukan kekeliruan. Peneliti melakukan penelitian terhadap paragraph naratif yang ditulis oleh siswa-siswa SMA Al Hikmah Surabaya dengan menggunakan teori Dulay, Burt dan Krashen. Penelitian ini berfokus pada dua masalah: (1) Apa saja kekeliruan yang ditemukan pada paragraph naratif yang ditulis oleh siswa kelas tiga. (2) Jenis kekeliruan apa yang paling sering dilakukan oleh para siswa kelas tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam analisa dokumen untuk mendeskripsikan kekeliruan-kekeliruan yang dihasilkan para siswa dalam menulis paragraf naratif. Data yang digunakan adalah kalimat-kalimat yang mengandung kekeliruan, diambil dari paragraph naratif berjudul “My Last Vacation” yang ditulis oleh para siswa. Peneliti menemukan 477 kekeliruan yang dikategorikan menjadi empat jenis kekeliruan. Kesalahan penambahan muncul dengan presentase 10%, kesalahan pengurangan muncul dengan presentas 19%, kesalahan bentuk muncul dengan presentase 68% dan kesalahan susunan muncul dengan presentase 3%. Peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dan pemahaman yang lebih dalam tentang analisis kekeliruan. Peneliti juga menyarankan kepada para peneliti selanjutnya khususnya mahasiswa jurusan Bahasa Inggris untuk melakukan penelitian dengan objek dan teori analisis kekeliruan yang berbeda karena penelitian ini masih belum mencakup semua aspek analisis kekeliruan.
English Abstract
Language is a crucial media in human communication. Aside from the first language acquired since human learned to talk, human learn second languages as well. In learning second languages, the language learners produce errors frequently. The researcher conducts a research on narrative paragraphs written by students of Al Hikmah Islamic High School Surabaya by using Dulay, Burt dan Krashen‟s theory. This research focuses on two problems: (1) What are errors found in narrative paragraphs written by third year students, (2) What common errors are produced by third year students. This research uses qualitative approach in document analysis to describe the errors produced by the students in writing narrative paragraphs. The data are sentences containing errors, taken from the narrative paragraphs entitled “My Last Vacation” written by the students. The researcher reveals 477 errors which divided into four categories. Error of addition appears with the percentage of 10%, error of omission appears with the percentage of 19%, error of misformation appears with the percentage of 68% and error of misordering appears with the percentage of 3%. The researcher expects this research to be able to contribute in a better understanding regarding error analysis. The researcher also suggests the next researcher, especially students of English Department to do a research with different object and theory because this research is yet to cover all aspect of error analysis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2014/193/051402904 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 02 Jun 2014 09:15 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100882 |
Preview |
Text
chapter_4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Chapter_5.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
REFERENCES.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Appendix_(1).pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
chapter_2.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
chapter_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Appendix_(2).pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
chapter_3.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |