Analisis Perbedaan Penggunaan Partikel Tara, Ba, dan To dalam Majalah Nipponia Tahun 2001-2006 Edisi No. 17,24,25,27,29,32,34,36.

Kusuma, Rachmawati (2013) Analisis Perbedaan Penggunaan Partikel Tara, Ba, dan To dalam Majalah Nipponia Tahun 2001-2006 Edisi No. 17,24,25,27,29,32,34,36. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Jepang sekarang ini banyak digunakan dalam sekolah, maupun bisnis. Dalam tata bahasa Jepang terdapat beberapa aspek yaitu partikel, kelas kata dan lainlain. Salah satunya yaitu partikel tara, ba, dan to. Mengingat bahwa partikel dalam bahasa Jepang tidak bisa di cocokkan begitu saja, penulis mengadakan studi mengenai perbedaan penggunaan dari partikel tara, ba, dan to Majalah Nipponia. Majalah Nipponia adalah majalah berbahasa Jepang yang berisi artikel mengenai Jepang. Karena itulah penulis akan menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah perbedaan penggunaan partikel tara, ba, dan to dalam Majalah Nipponia? Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena yang dipelajari dengan jelas dan sistematis. Studi deskriptif secara tekstual digunakan karena studi ini untuk menganalisis kalimat dalam majalah Nipponia. Hasil studi menunjukkan bahwa dalam Majalah Nipponia terdapat 44 partikel tara, ba, dan to yaitu 7 data partikel tara, 17 data partikel ba, dan 20 data partikel to. Dalam kalimat di Majalah Nipponia, penulis menemukan bahwa terdapat perbedaan dalam penggunaan tara, ba, dan to, yaitu dalam kalimat sebelum partikel tara, mengungkapkan suatu pengandaian dimana aktivitasnya diandaikan sudah dilakukan sedangkan dalam partikel ba mengungkapkan pengandaian dimana aktivitasnya belum dilakukan.Dalam partikel to, menyatakan suatu hubungan yang alami atau fakta.Dalam kalimat setelah partikel juga memiliki perbedaan yaitu kalimat setelah partikel tara dan ba dapat mengungkapkan suatu kalimat perintah, saran, ataupun ajakan. Sedangkan, partikel to tidak menyatakan kalimat perintah maupun saran. Penulis menyarankan kepada pembelajar bahasa Jepang agar mempelajari lebih dalam partikel yang menyatakan pengandaian, dan lebih baik menggunakan sumber data orang Jepang sendiri. Penulis juga menyarankan agar juga membandingkan perbedaan partikel pengandaian yang lain yaitu partikel nara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/170/051401766
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Mar 2014 08:56
Last Modified: 18 Oct 2021 04:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100858
[thumbnail of korpus_data.pdf]
Preview
Text
korpus_data.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item