Absurditas Dalam Dialog Antartokoh Naskah Drama Les Bonnes Karya Jean Genet Melalui Pelanggaran Maksim Kuantitas Dan Relevansi

Aristanty, TriasDesy (2014) Absurditas Dalam Dialog Antartokoh Naskah Drama Les Bonnes Karya Jean Genet Melalui Pelanggaran Maksim Kuantitas Dan Relevansi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu bentuk penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi adalah dialog dalam drama yang menjadi kunci utama untuk menjabarkan tokoh dan penokohan, alur dan latar. Berbeda dengan aliran drama lain, ciri khas drama absurd adalah adanya ketidakjelasan dan ketidaksinambungan dalam dialog antartokohnya. Oleh karena itu, peneliti menganalisis dialog antartokoh dalam drama absurd Les Bonnes karya Jean Genet dengan fokus pada pelanggaran maksim kuantitas dan relevansi dalam prinsip kerja sama Grice. Adapun latar belakang terjadinya pelanggaran maksim dianalisis dengan menggunakan teori konteks McManis yang meliputi konteks fisik, epistemik, linguistik dan sosial dan teori implikatur yang juga digunakan untuk menganalisis pengaruh pelanggaran terhadap keberlangsungan dialog. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimulai dari pengumpulan data, analisis data yang dipaparkan secara deskriptif hingga penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan pengumpulan data, terhimpun 54 data yang m enunjukkan bahwa terdapat pelanggaran maksim kuantitas, maksim relevansi dan kedua maksim tersebut. Latar belakang terjadinya pelanggaran tersebut dapat dianalisis melalui konteks pembicaraan atau adanya tujuan tertentu seperti menjelaskan sesuatu, berpendapat, mempengaruhi ataupun meminta pada lawan tuturnya. Sebagian besar pelanggaran maksim dalam drama Les Bonnes tidak menghambat jalannya dialog antartokoh karena lawan tutur menangkap pesan tersirat dari penutur, mengalihkan topik pembicaraan atau melanggar maksim untuk menanggapi pelanggaran maksim atau karena adanya adegan yang dilakukan penutur atau lawan tutur untuk menanggapi ujaran yang melanggar maksim. Jean Genet berhasil menampilkan kesan absurd dengan tidak sengaja melanggar maksim kuantitas dan relevansi yang berdampak pada terhambatnya dialog atau pengalihan topik pembicaraan dalam naskah drama Les Bonnes. Ketidakjelasan ini menunjukkan bahwa karya tersebut tergolong dalam kategori drama absurd.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/158/051401184
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Feb 2014 11:23
Last Modified: 18 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100844
[thumbnail of SKRIPSI_TRIAS_DESY_ARISTANTY_105110313111004.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_TRIAS_DESY_ARISTANTY_105110313111004.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item