A Critical Discourse Analysis Of Three (3) Advertisement Entitled “Always On, Bebas Itu Nyata” Girl’s Version

Prawitasari, ReginaWikanPangrepti (2014) A Critical Discourse Analysis Of Three (3) Advertisement Entitled “Always On, Bebas Itu Nyata” Girl’s Version. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulis mengadakan penelitian ini untuk mengetahui kekuatan dari ujaran-ujaran dalam narasi iklan Three (3) yang berjudul “ Always On, Bebas itu nyata”. Karena iklan ini menyentuh budaya Indonesia dan tentunya memberi pengaruh terhadap masyarakat. Dalam studi ini penulis akan menjawab dua rumusan masalah yaitu (1) Apa arti dari setiap ujaran ada iklan Three (3) “Always on, bebas itu nyata” versi perempuan berdasarkan teori tiga dimensi Fairclough? (2) Bagaimana interpretasi dari masyarakat pada penggambaran kebebasan dalam iklan Three (3) “Always On, bebas itu nyata”? Studi ini mengaplikasikan pendekatan kualitatif dengan analisa dokumen. Analisa dokumen diterapkan untuk mendiskripsikan arti ujaran-ujaran narasi pada iklan Three (3) dan untuk mengetahui bagaimanakah interpretasi masyarakat terhadap iklan ini. Dalam penelitian ini sumber data diambil dari semua ujaran-ujaran yang terdapat dalam iklan Three (3) yang berjudul “Always On, Bebas itu nyata” versi perempuan dan dari komentar-komentar yang berkaitan dengan iklan ini. Penulis melakukan beberapa proses dalam mengumpulkan data, seperti: (1) mengambil video iklan yang berjudul “Always On, Bebas itu nyata” versi perempuan dari Youtube, (2) menulis catatan dari narasi video ini dengan metode memainkan dan berhenti sebentar video ini, (3) membaca seluruh tulisan dari narasi iklan ini untuk memahami isi pesan iklan, dan (4) mencari interpretasi masyarakat dari kotak komentar yang terdapat di Youtube dan blog pribadi. Studi ini mengungkapkan bahwa berdasarkan interpretasi dari masyarakat terhadap narasi dari iklan Three (3), masyarakat cenderung melihat dan secara langsung mengkaitkan iklan ini dengan norma dan kebudayaan di Indonesia tanpa memikirkan terlebih dahulu maksud dan tujuan yang sebenarnya ingin disampaikan oleh pembuat iklan. Sebagai penutup penulis menyarankan untuk peneliti selanjutnya agar dapat memperkaya penelitian dibidang ini. Peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi berbagai macam objek dengan menggunakan teori CDA yang lainnya pula sehingga bisa berguna bagi perkembangan analisa wacana kritis.

English Abstract

This study is conducted to know the power of Three (3) advertisement‟s narration entitled “Always On, Bebas itu nyata” towards the society. Since, this advertisement touches the Indonesian culture which gives the impact towards the society. There are two problems to be solved, namely: (1)What is the meaning of each utterances in the Three (3) advertisement “Always On, Bebas itu nyata” girl version based on Fairclough‟s three dimension model of CDA?; (2) What are society interpretations on the depiction of freedom on Three (3) advertisement “Always On, Bebas itu nyata”?. This study employs qualitative approach by using content or document analysis. Document analysis is applied because the aim of this study is to describe the meaning on Three (3) advertisement‟s utterances narration and the society‟s interpretation. The data of this research were all utterances found in Three (3) entitled “Always On, Bebas itu nyata” (girl‟s version) and the comment from internet regarding this advertisement. The writer applied several processes in collecting the data in certain order as follow: (1) downloading the complete video entitled “Always On, Bebas itu nyata” girl‟s version from Youtube, (2) transcribing the utterances by playing and pausing the video, (3) reading the whole transription of the utterances in order to check the utterances for understanding the message of advertisement, and (4) finding the society‟s comments in the Youtube‟s comment box and from the personal blogs. This present study reveals that based on society interpretation on the Three (3) advertisement narration, the society tends to see and directly related this advertisement‟s narration with the norm and culture in Indonesia without thinking about the main purpose of the advertisement maker. Finally, the writer suggests that the next researcher enrich the field of this study and possibly explore other numerous object with different theory of CDA. It will be very useful for the knowledge development especially in critical discourse analysis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/147/051401092
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Feb 2014 14:24
Last Modified: 18 Oct 2021 04:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100832
[thumbnail of SKRIPSI_REGINA_WIKAN_PANGREPTI_PRAWITASARI_(0811113022).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_REGINA_WIKAN_PANGREPTI_PRAWITASARI_(0811113022).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item