Pamungkas, JefriSatria (2014) A Study On Implicature In Condom Commercials Using Relevance Theory. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Iklan kondom yang ditayangkan di Indonesia memiliki keunikan dalam menyampaikan pesan. Hal inilah yang mendorong penulis untuk menganalisa implikatur yang digunakan di iklan kondom. Pendekatan pragmatik terutama teori relevansi digunakan di dalam kajian ini. Kajian ini bertujuan untuk menganalisa implikatur dalam iklan kondom menggunakan teori relevansi melalui eksplikatur, eksplikatur yang lebih tinggi, dan implikatur. Sumber data kajian ini adalah iklan kondom yang ditayangkan di televisiIndonesia. Terdapat 13 data yang berasal dari 5 iklan kondom Sutra, 7 iklan kondom Fiesta, dan 1 iklan kondom Durex. Peneliti menggunakan pendekatankualitatif dengan model analisa dokumen untuk menganalisa relevansi. Kajian ini menunjukkan bahwa dalam menemukan relevansi yang digunakan dalam iklan kondom dilakukan melalui tiga tahap. Eksplikatur digunakan untuk memberi penjelasan mendetail mengenai ujaran yang diujarkan oleh pembicara yang dibantu oleh konteks. Dalam studi ini, proses penjabaran ujaran dilakukan melalui konteks rujukan dan penghubung. eksplikatur yang lebih tinggi diperlukan untuk menemukan maksud sikap ujaran pembicara yang sesungguhnya dengan menganalisa aspek non-linguistik dalam studi ini nada bicara yang digunakan oleh pembicara. Implikatur membutuhkan pengetahuan dari penonton serta konteks yang paling sesuai yang direpresentasikan dalam premis tersirat, yang digagas berdasarkan konteks, serta kesimpulan tersirat, yang diperoleh dengan membuat kesimpulan dari seluruh proses. Dapat disimpulkan bahwa makna tersirat dalam iklan kondom mengenai pengenalan produk dengan karakteristik dan kekhasan yang membedakan dengan produk pesaing lainnya. Pesan akan pentingnya menggunakan kondom sebelum melakukan hubungan intim juga disampaikan oleh pengiklan. Dapat disimpulkan bahwa eksplikatur, eksplikatur yang lebih tinggi dan implikatur dipahami dengan membuat kesimpulan yang diperoleh dari konteks, pengetahuan dasar, serta asumsi – asumsi. Penulis selanjutnya disarankan untuk melakukan kajian yang sama mengenai teori relevansi dengan objek yang berbeda seperti iklan rokok maupun iklan pil KB di televisi. Penulis juga menganjurkan kepada penonton televisi untuk memahami dengan dalam pesan yang disampaikan dalam iklan di televisi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2014/133/051401011 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 14 Feb 2014 09:26 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100818 |
Preview |
Text
SKRIPSI_JEFRI_SATRIA_PAMUNGKAS_(0911110192).pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |