Hidayat, NofiantoWahyu (2014) The Analysis Of Semiotic Signs Appearing On A Mild “Bukan Basa Basi” Billboard Cigarette Advertisement. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Iklan merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan kepada orang lain dengan tujuan mempengaruhi mereka agar menggunakan produknya. Dalam penelitian ini pendekatan semiotika digunakan dalam menyelidiki tanda, simbol, ikon, dan indeks di A Mild "Bukan Basa Basi" iklan billboard. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) apa tanda-tanda semiotik yang digunakan dalam iklan rokok A Mild “Bukan Basa Basi”, dan (2) penafsiran apa dari tandatanda semiotik yang ditemukan pada iklan rokok A Mild “Bukan Basa Basi”. Studi ini adalah studi kualitatif dalam bentuk analisa tekstual. Teori yang digunakan dalam tesis ini adalah teori oleh Pierce yang mengajukan tiga model tanda: ikon, indeks, dan simbol. Data dari penelitian ini adalah dua iklan A Mild. Iklan pertama A Mild versi “Daripada Gak Dapet-dapet Kerja, mending Gak Dapet-dapet Gelar” dipublikasikan sekitar pertengahan tahun 2009 dan iklan kedua A Mild versi “Yang Lebih Muda yang Gak Dipercaya” dipublikasikan akhir tahun 2009 di Indonesia. Prosedur untuk mengumpulkan data adalah dengan mengunduh, mengamati, dan mendaftar iklan. Penulis menggolongkan tanda ke dalam ikon, indeks, atau simbol, dan menafsirkan makna dari tanda-tanda yang muncul dalam iklan, kemudian menarik kesimpulan setelah menganalisis data. Hasil dari penelitian ini adalah setiap iklan A Mild memiliki tanda semiotik seperti simbol, ikon, dan indeks. Ikon ditemukan dalam gambar papan iklan, simbol ditemukan di dalam logo dan slogan, dan terakhir adalah indeks yang ditemukan di dalam ekspresi tokoh. Ada 8 (delapan) tanda yang ditemukan dalam iklan pertama dan 6 (enam) tanda yang ditemukan di iklan kedua. Ikon adalah tanda yang paling sering muncul dalam dua iklan A Mild Bukan Basa Basi tersebut. Interpretasi dari semua tanda semiotik itu tergantung pada tema iklan tersebut. Saran ditujukan kepada peneliti selanjutnya untuk memilih studi semiotik pada iklan yang berasal dari sumber lain seperti radio, koran, televisi, atau internet sehingga dapat memberikan hasil yang bervariasi. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode penelitian yang lain untuk mengetahui interpretasi orang lain terhadap suatu iklan.
English Abstract
Advertisement is media to deliver messages to people with the goal to influence them to use certain products. In this study, semiotic approach is employed to investigate the signs, symbols, icons, and indexes in A Mild “Bukan Basa Basi” billboard advertisements. This study aims at identifying (1) the semiotic signs that are used in the A Mild “Bukan Basa Basi” cigarette advertisements, and (2) the interpretation of semiotic signs in the A Mild “Bukan Basa Basi” cigarette advertisements. This study used qualitative approach in the form of document analysis. The theory employed this study is Piercean theory, which presents three sign modes, icon, index, and symbol. The data were two A Mild “Bukan Basa Basi” billboard advertisements. The first advertisement of A Mild “Daripada Gak Dapet-dapet Kerja, Mending Gak Dapet-dapet Gelar” version was published in mid 2009, and the advertisement of A Mild “Yang Lebih Muda yang Gak Dipercaya” was published in the end of 2009 in Indonesia. The procedures to collect the data were downloading, observing, and listing the advertisements. Then, the writer classified the sign into icon, index, or symbol and interpreted the signs meanings appearing on the advertisements, then drew the conclusion after analyzing the data. The result of this research showed that each advertisement contains semiotic signs comprising symbol, icon, and index. The icons are found in the pictures of the billboard; the symbols are found in the logo and slogan; and the indexes are found in the expressions of characters. There are eight signs found in the first advertisement and six signs found in the second advertisement. The iconic mode appears the most in the two A Mild Bukan Basa Basi billboard cigarette advertisement. The interpretation of the semiotic signs is related to the theme of the advertisements. Suggestion is made for next researchers to choose the semiotic study to obtain various results. Next researchers may also conduct further studies by observing people’s interpretation on certain advertisements.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2014/132/051400964 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 14 Feb 2014 10:08 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100817 |
Preview |
Text
Nofianto_Wahyu_Hidayat.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |