Mimicry And Ambivalence As Manifested In Bend It Like Beckham Movie

Afandi, Afif (2014) Mimicry And Ambivalence As Manifested In Bend It Like Beckham Movie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penjajahan Inggris di India memicu masyarakat India untuk berjuang mendapatkan kemerdekaannya. Setelah India merdeka pada tanggal 15 Agustus 1947 banyak masyarakat India yang melakukan migrasi ke Inggris. Dampak dari migrasi ini adalah adanya istilah India diaspora. Diaspora di Inggris telah membuat identitas Inggris menjadi heterogen dalam homogenitas baik dalam realita maupun dalam dunia film. Diaspora juga memunculkan masalah terkait multikulturalisme, hibriditas, mimikri dan ambivalensi. Penelitian ini terkait pencarian manifestasi mimikri dan ambivalensi yang terdapat dalam film Bend It Like Beckham dimana film tersebut berkaitan erat dengan permasalahan diaspora di Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan dua konsep yaitu mimikri dan ambivalensi dibantu dengan pendekatan poskolonialisme. Analisa yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sesuai dengan fakta literal dalam film Bend It Like Beckham dan didukung oleh konsep yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film Bend It Like Beckham terdapat perwujudan mimikri dan ambivalensi. Mimikri terjadi dalam aspek budaya sosial yang terdapat dalam bahasa, permainan, santapan, dan gaya hidup. Selain itu, mimikri juga terdapat dalam aspek budaya seni yang bisa dilihat dalam mode. Sementara perwujudan ambivalensi terjadi dalam aspek budaya sosial yang terdapat dalam bahasa, santapan, permainan dan gaya hidup. Dengan menggunakan materi yang sama, penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan feminisme. Dikarenakan dalam film Bend It Like Beckham juga menceritakan tentang perjuangan perempuan untuk meraih impiannya menjadi pemain sepak bola.

English Abstract

British colonialism in India made the Indian society struggle to reach their independence. After had got independence on August 15, 1947 many Indian people did migration to Britain. The effect of Indians migration to British country has created technical term of India diaspora. Diaspora in Britain made British identity become heterogeneous in homogeneous in the reality and cinema. Diaspora also has created the problems of multiculturalism, hibridity, mimicry and ambivalence. This research is about the searching for manifestation of mimicry and ambivalence which is manifested in Bend It Like Beckham movie as the movie that tells about the problem of diaspora This study uses a qualitative research employing two concepts, namely mimicry and ambivalence with postcolonialism approach. The analysis is based on the literal facts found in Bend It Like Beckham movie and supported by those concepts. The results show that in Bend It Like Beckham movie there are manifestations of mimicry and ambivalence. Mimicry happens in the cultural aspects of society that is manifested in language, games, fashion, cuisine, and lifestyle. Mimicry also happens in the cultural aspects of art that can be seen in fashion. While The manifestations of ambivalence happen in cultural aspects of society such as in language, cuisine, game and lifestyle. By using the same material object, the writer suggests to the next researcher to use Feminism, because Bend It Like Beckham also talks about the struggle of women to reach her dream as a woman football player.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/101/051400867
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Feb 2014 08:32
Last Modified: 18 Oct 2021 05:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100783
[thumbnail of full.pdf]
Preview
Text
full.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item