American Values Portrayed On James J. Braddock As The Main Character Of Cinderella Man Movie

Viareni, EvriYusmaf (2014) American Values Portrayed On James J. Braddock As The Main Character Of Cinderella Man Movie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejarah nilai-nilai Amerika tidak bisa dipisahkan dari sejarah Amerika itu sendiri. Nilai-nilai Amerika menjadi alasan utama mengapa banyak imigran-imigran datang ke negara paman Sam ini. Mereka meyakini bahwa mereka dapat mencapai impian mereka di Amerika. Mereka berpendapat bahwa di Amerika setiap orang bisa mengejar cita-cita mereka karena di negara ini semua manusia diciptakan mempunyai derajat yang sama. Seperti salah satu perwujudan dari Deklarasi Kemerdekaan Amerika “semua orang diciptakan sama” adalah gagasan terkenal bagi seluruh warga Amerika untuk menjadi sukses dan memiliki kehidupan yang layak. Bahwasannya, ada enam nilai-nilai Amerika, tiga mempresentasikan alasan mengapa para imigranimigran datang ke Amerika: kesempatan individual, kesamaan memperoleh kesempatan, dan materi. Untuk mencapai itu semua, bagaimanapun ada harga yang harus dibayar: kepercayaan diri, kompetisi dan bekerja keras. Dalam penelitian ini, penulis juga akan menggunakan latar belakang sejarah untuk mengigat kembali peristiwa-peristiwa yang terjadi pada era great depression. Karena pada dasarnya film ini mengambil setting pada era tersebut. Pada film ini penulis menemukan bahwa terdapat nilai-nilai Amerika yang tergambarkan oleh karakter utama, James J. Braddock dalam film tersebut. Untuk penelitian selanjutnya, penulis menyarankan untuk menggunakan teori Marxist tentang sistem kelas di Amerika. Karena dengan menggunakan teori tersebut, peneliti selanjutnya akan mendapati perubahan kelas sosial yang dialami oleh karakter utama dalam film yaitu James J. Braddock. Selain itu, peneliti selanjutnya juga bisa menganalisa hubungan antara kaum bourgeoisie dan proletariat.

English Abstract

The history of American values cannot be separated from the history of America. American values are the representation of the main reason why many immigrants come to this Uncle Sam country. They believe that they can achieve their dream in America. They think that in America everyone can pursue their dream because in this land all men are created equal. Like one of the embodiment of human rights stated in the Declaration of Independence “all men are created equal” is the famous notion for all Americans to be successful and have a better life. There are six basic of American values, three represent reasons why immigrants were drawn to America: the chance for individual, equality of opportunity and material wealth. In order to achieve this benefit, however there were prices to be paid: self-reliance, competition and hard work. In this thesis, the writer will also use historical background to support and remind again the occurrences and effects of great depression era, because the setting of the movie took on that era. The finding shows that the main character of Cinderella Man movie, James J. Braddock represents American values. The writer suggest for the next researcher to analyse this movie using Marxist theory about the class system in America. The next researcher can use this theory to reveal the economy class changing in the main character of the movie, James J. Braddock. Besides, the next researcher can also by seeing it from the relationship between bourgeoisie and proletariat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/100/051400866
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Feb 2014 08:24
Last Modified: 18 Oct 2021 05:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100782
[thumbnail of thesis_full.pdf]
Preview
Text
thesis_full.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item