Hermés Phenomenon : Social Identity Development Through Consumptive Behaviour As Reflected In Hermés Temptation By Fitria Yusuf And lexandra Dewi

Wigati, PutriAnggun (2014) Hermés Phenomenon : Social Identity Development Through Consumptive Behaviour As Reflected In Hermés Temptation By Fitria Yusuf And lexandra Dewi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia senantiasa mengembangkan identitas mereka dengan tujuan mendapatkan status yang prestisius di lingkungannya. Seringkali mereka berusaha keras dan melakukan banyak cara untuk bisa masuk ke dalam lingkungan tertentu. Cara termudah yang biasa dilakukan adalah dengan meniru identitas sosial kelompok tersebut. Cara ini merupakan cara yang masuk akal, mengingat setiap kelompok sosial pasti memiliki ciri atau simbol yang menandakan eksistensi mereka. Hermès sebagai brand fashion ternama, merupakan contoh simbol dari kelompok sosial kelas atas yang banyak diimitasi oleh kelompok sosial kelas menengah untuk bisa masuk menjadi kelompok kelas atas atau terlihat sejajar dengan mereka. Sayangnya demi mendapatkan semua itu mereka kemudian terjebak dalam perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena di atas yang terefleksikan pada novel Hermès Temptation karya Fitria Yusuf dan Alexandra Dewi. Karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan cultural studies sebagai teori dasar, juga konsumerisme dan identitas sosial untuk menganalisa adanya hubungan antara konsumerisme dengan pembentukan identitas sosial. Fokus dalam penelitian ini adalah karakter perempuan dalam novel tesebut. Sehingga penelitian ini nantinya akan menuturkan bagaimana karakter-karakter perempuan dalam novel Hermès Temptation membentuk identitas sosial melalui perilaku konsumtif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif membentuk identitas sosial para karakter yang diteliti. Bagi perempuan kelas atas, Hermès digunakan untuk menunjukkan eksistensi mereka dan juga untuk menjaga eksklusifitas mereka. Sedangkan bagi perempuan kelas menengah, Hermès digunakan untuk bisa bergabung ke dalam komunitas perempuan kelas atas dan untuk meningkatkan identitas sosial mereka agar terlihat sejajar dengan kalangan atas di mata masyarakat luas. sehingga dapat disimpulkan bahwa perempuan menjadikan Hermès sebagai media efektif untuk membentuk identitas sosial mereka.

English Abstract

People always build and develop their identities in order to gain prestigious status in their society. They often give their best and do many things in order to be able to join a particular group. The easiest way to achieve is imitating the group‟s social identity. This way is logical and reasonable because every group must have its own characteristic or symbol. Hermès as a well-known fashion brand is an example of high class social group symbol which is generally imitated by the middle class social group in order to enter the high class social group or just to be seen equal with them. Unfortunately, when people try to achieve their main goals they are also dragged to the consumptive behavior. This research is aimed at depicting the above phenomenon as reflected in the novel Hermès Temptation by Fitria Yusuf and Alexandra Dewi. Thus, this research employs cultural study approach as the grounding theory, supported by consumerism and social identity to analyze the relation between consumerism and social identity development. The focus of the research is on the female characters. Therefore, this research will show how the female characters in the novel Hermès Temptation developing their social identity through consumptive behavior. The result of this research shows that consumptive behavior develops the character‟s social identity. For high class women, Hermès is a means of expressing their existence. As for the middle class women, Hermès is utilized to make their way to enter the high-class women community and develop their social identity to be seen equal to the high class women. Thus, it can be concluded that women use Hermès as the most effective media to develop their social identity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/10/051400492
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 05 Feb 2014 09:34
Last Modified: 18 Oct 2021 05:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100781
[thumbnail of Hermes_Phenomenon_by_Putri_Anggun_W.pdf]
Preview
Text
Hermes_Phenomenon_by_Putri_Anggun_W.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item