Kata-kata Tabu yang Digunakan Oleh Tokoh-tokoh pada Film Reservoir Dogs

Ratnafuri, FebrinaRahadianti (2013) Kata-kata Tabu yang Digunakan Oleh Tokoh-tokoh pada Film Reservoir Dogs. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan, karena melalui komunikasi kita dapat mengerti satu sama lain. Ketika berkomunikasi, kita membutuhkan suatu media yang dikenal sebagai bahasa. Biasanya, masyarakat menggunakan bahasa yang sama untuk berkomunikasi tetapi dengan variasi yang berbeda. Bahasa sebagai media komunikasi juga memiliki larangan yang dikenal sebagai kata-kata tabu (Wardhaugh, 2006). Kata-kata tersebut juga merupakan variasi bahasa, namun tidak semua orang menggunakan kata-kata tabu tersebut semudah yang lain. Beberapa orang hanya menggunakannya pada situasi tertentu seperti pada saat marah, sedangkan beberapa yang lain tidak ragu untuk menggunakannya dalam karya mereka seperti lagu dan film. Contoh film yang menggunakan kata-kata tabu adalah Reservoir Dogs. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang fenomena kata-kata tabu yang terdapat pada sebuah film dengan mengangkat beberapa permasalahan yaitu katakata tabu yang digunakan oleh tokoh-tokoh dalam film Reservoir Dogs, tipe dari kata-kata tabu tersebut, dan konteks pada saat kata-kata tabu tersebut diucapkan. Dalam mengerjakan penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dan analisa dokumen. Penulis juga menggunakan sampel yaitu maximum variation sampling sebagai salah satu jenis dari purposive sampling. Untuk sampel yang digunakan pada deskripsi mendetail mengenai tipe dari katakata tabu dan konteksnya ini, penulis mengambil 21 kalimat yang diucapkan oleh Mr. White dan 20 kalimat yang diucapkan oleh Nice Guy Eddie. Dalam menganalisa tipe dari kata-kata tabu tersebut, penulis menggunakan teori dari Wardhaugh (2006), sedangkan untuk meneliti konteks pada saat kata-kata tabu tersebut diucapkan peneliti menggunakan teori dari Holmes (1992) yang meliputi beberapa faktor sosial seperti partisipan, seting, topik, dan fungsi dari kata-kata tabu tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menemukan 141 ucapan yang mengandung kata-kata tabu, yang mana 71 ucapan dari Mr. White dan 70 ucapan dari Nice Guy Eddie. Setelah menganalisa data, penulis menemukan bahwa tipe dari kata-kata tabu yang sering digunakan oleh kedua tokoh tersebut adalah sex sekitar 53%, yang mana seringkali berfungsi sebagai penekanan dan untuk mengekspresikan amarah. Penulis menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menggunakan dua teori atau lebih untuk menganalisa tipe dari kata-kata tabu. Penulis juga menyarankan untuk peneliti selanjutnya yang juga menggunakan obyek film, untuk memakai film dengan genre yang berbeda.

English Abstract

Communication is one of the most important things in our life because people can understand each other through communication. While communicating, they use a media called a language. Usually, people use a same language with different variation. Also, language as the communication media has avoidance which is known as taboo words (Wardhaugh, 2006). Those words are also the form of language variation, but not all the people use them in a conversation as often as the others. Some people only use it for a certain condition such as hen they are angry, while some people undoubtedly use taboo words even in some works such as movies and songs. The example of taboo words in a movie can be seen in Reservoir Dogs movie. Therefore, this study is aimed to describe taboo words phenomena happen in a movie with several problems which are taboo words used by the characters in Reservoir Dogs movie, the types of taboo words used by them, and the context when the taboo words occurred. In conducting this research, the writer used descriptive qualitative method as well as document or content analysis approach. The writer also used sampling which is maximum variation sampling as one of the purposive sampling types. As the sample, the writer only took 21 utterances containing taboo words produced by Mr. White, and 20 of them produced by Nice Guy Eddie to describe the analysis on types of taboo words used as well as the context. In analyzing the type of taboo words, the writer used Wardhaugh’s (2006) theory. While for analyzing the context in which taboo words are occurred, the writer used Holmes’ (1992) theory which covers social factors such as participants, setting, topic, and function of taboo words. In this research, the writer finds 141 utterances containing taboo words, in which 71 utterances are uttered by Mr. White and 70 utterances are uttered by Nice Guy Eddie. The writer also concludes that the most occurrence type used by both characters is sex which is about 53%, which functions to give an emphasis and to express anger. The writer suggests for the next researcher to use more than one theory in analyzing the type of taboo word. The writer also suggests the next researchers who use movie as the object, to find different genre of the movie.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/89/051307240
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 16 Sep 2013 10:31
Last Modified: 18 Oct 2021 05:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100769
[thumbnail of Skripsi_Febrina_Rahadianti_R_2013.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Febrina_Rahadianti_R_2013.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item