Analisis Kepribadia Tokoh Utama Katori Masako dalam Novel “OUT” Karya Natsuo Kirino Ditinjau Berdasarkan Psikologi Analitik C.G. Jung

Wardhani, LiaKusuma (2013) Analisis Kepribadia Tokoh Utama Katori Masako dalam Novel “OUT” Karya Natsuo Kirino Ditinjau Berdasarkan Psikologi Analitik C.G. Jung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang menceritakan kehidupan seseorang dan orang-orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku atau tokoh. Novel dapat dianalisis menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk mengetahui kepribadian tokoh-tokohnya, terutama tokoh utama. Kepribadian merupakan perilaku seseorang yang disadari maupun tidak sadari dan mempunyai ciri unik. Salah satu teori yang dapat digunakan untuk mengetahui kepribadian tokoh utama adalah teori psikologi analitik yang dikemukakan C.G. Jung yang mengemukakan ada empat aspek penting yang membangun kepribadian manusia, meliputi : (1) Persona, (2) Shadow, (3) Anima dan Animus, dan (4) Self. Novel “OUT” dipilih dalam penelitian ini karena sarat akan muatan emosi yang dapat menggambarkan kondisi psikologis tokoh-tokohnya dan memungkinkan untuk dikaji dengan menggunakan teori psikologi analitik C.G. Jung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tokoh utama dalam novel “OUT” karya Natsuo Kirino berdasarkan empat aspek kepribadian dalam psikologi analitik C.G. Jung yang meliputi aspek (1) Persona, (2) Shadow, (3) Anima dan Animus, dan (4) Self. Dari analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa tokoh Katori Masako memiliki (1) Masako dapat memerankan persona yang fleksibel. Hal itu membuatnya dapat bersosialisasi dengan baik pada lingkungannya. Dia adalah tokoh dengan “topeng” yang baik. (2) Masako memiliki shadow/ naluri kebinatangan yang kuat. Hal ini membuatnya tega untuk memutilasi mayat Kenji, seorang laki-laki tua, temannya sendiri Kuniko dan Satake seorang yakuza yang mengincarnya. (3) Berdasarkan anima dan animus Jung, Masako adalah individu androgini, yaitu karakteristik feminin dan maskulinnya kuat. (4) Self pada diri Masako dijelaskan bahwa dia masih berproses untuk mencari jati dirinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/59/051304802
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 26 Sep 2013 09:53
Last Modified: 18 Oct 2021 05:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100738
[thumbnail of SKRIPSI_LIA_KUSUMA_WARDHANI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LIA_KUSUMA_WARDHANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item