A Semiotic Analysis on Movie Posters of Harry Potter and the Deathly Hallows

Burty, AnnisaDhania (2013) A Semiotic Analysis on Movie Posters of Harry Potter and the Deathly Hallows. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Poster film memiliki tujuan komersial sebagai media untuk mengiklankan film. Poster film memberikan pandangan mengenai film tersebut.dalam studi ini Penulis memilih poster film Harry Potter and the Deathly Hallows sebagai objek yang akan dianalisis dengan menggunakan studi semiotik. Sekuel film ini dibagi menjadi dua bagian. Ada tujuh poster yang akan dianalisa dalam studi ini, tiga poster film dari masing-masing seri ditambah satu poster film yang mempromosikan kedua seri tersebut. Setiap elemen yang digunakan dalam poster film membawa arti tersendiri. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) apa tanda-tanda semiotika yang dapat ditemukan pada poster film Harry Potter and the Deathly Hallows, (2) apa interpretasi yang dapat ditangkap dari tandatanda yang digunakan dalam poster film Harry Potter and the Deathly Hallows. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menerapkan dokumen analisis karena studi ini berfokus pada identifikasi tanda-tanda yang ditemukan dalam poster film Harry Potter and the Deathly Hallows. Penelitian ini menggunakan teori makna konotatif diusulkan oleh Chandler (2002) dan juga Pierce (1982) teori klasifikasi bentuk- bentuk tanda. Berdasarkan hasil yang didapat, penelitian ini menemukan bahwa fungsi dari tanda di tiap poster film adalah sebagai ilustrasi sekaligus panduan tentang jalan cerita sepanjang film. Selanjutnya, skema warna yang digunakan dalam poster film berfungsi membangun genre dan tema. Konotasi yang terbentuk dari poster-poster dalam film ini menggambarkan pertempuran antara tokoh baik dan jahat dan juga kematian. Konotasi dibuat berdasarkan hubungan poster film dan jalan cerita di sepanjang film. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat memenuhi keterbatasan dalam penelitian ini dengan mengambil penelitian lebih lanjut. Peneliti-peneliti selanjutnya juga dapat menerapkan studi semiotika dalam media komunikasi visual lainnya, misalnya seni fotografi, banner, dan iklan cetak.

English Abstract

Movie poster has a commercial purpose as medium to advertise a movie. It delivers what the movie is all about. In this study, the writer chooses the movie poster of Harry Potter and the Deathly Hallows as the object to be analyzed using semiotic study. This sequel is divided into two parts. There are seven posters that were analyzed in this study. They were three movie posters from each part and on promotional poster of both parts. Each element used in a movie poster carries its own meaning. There are two research questions to be answered: (1) what are semiotic signs that can be found on the movie posters of Harry Potter and the Deathly Hallows; (2) what is the interpretation of the semiotic signs used on the movie posters of Harry Potter and the Deathly Hallows. This study uses qualitative approach in term of document or content analysis because it focuses on identifying the signs found in movie poster of Harry Potter and the Deathly Hallows. This study applied the theory of connotative meaning proposed by Chandler (2002) and also Pierce’s (1982) forms of sign theory. This study reveals that the function of the sign in each movie poster is to illustrate and guide the audience about the story of the film. The color schemes of the movie posters establish the film’s genre and themes. Based on the category of the sign, it is found out that symbol is mostly used rather than icon and index. Moreover, the connotation of movie posters mostly reflects battle between good and evil characters and also death. The connotation is made based on the relation of the movie poster and the story along the movie. The writer suggests the next researchers cover the limitations of this study by taking further research. The next researcher can also apply semiotic study in other visual communication media, for example art photography, banner, and printed commercial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/56/051304799
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Sep 2013 08:34
Last Modified: 18 Oct 2021 05:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100735
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item