A Stylistic Analysis on Printed Car Advertisements

Agustina, Sheila (2013) A Stylistic Analysis on Printed Car Advertisements. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selama perkembangannya, pembuatan iklan tidak lagi hanya didasarkan pada kebutuhan memberi informasi semata, tapi juga meyakinkan masyarakat. Jika demikian, maka daya tarik sebuah iklan akan terletak pada gaya bahasanya. Penulis mengadakan sebuah studi tentang analisis gaya bahasa pada iklan mobil di media cetak yang menunjukkan pola bahasa tertentu pada slogan dalam iklan. Ada dua rumusan masalah yang akan dipecahkan dalam studi ini, yaitu: (1) alat bahasa apa saja yang ditemukan pada iklan mobil di media cetak dan (2) bagaimana alat bahasa tersebut digunakan pada iklan mobil di media cetak. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif karena semua data yang digunakan didalamnya berbentuk deskriptif. Textual atau document analysis digunakan dalam studi ini untuk menganalisa gaya bahasa pada slogan dalam iklan mobil di media cetak. Studi ini mengungkapkan bahwa terdapat beberapa elemen linguistik yang berfungsi sebagai alat bahasa digunakan pada slogan dalam iklan mobil pada media cetak. Dalam studi ini, penulis menemukan empat alat yang berhubungan dengan aspek phonology. Alat tersebut adalah aliterasi, asonansi, konsonansi, dan repetisi. Untuk aspek leksis, terdapat lima alat yang ditemukan yaitu kata sifat, angka, sudut pandang, masa, dan voice. Untuk aspek sintaksis, penulis menemukan tiga alat, dan alat tersebut adalah kata benda dan frase kata benda, frase kata kerja, dan kalimat. Sedangkan untuk aspek semantik, terdapat tiga alat yang ditemukan yaitu hiperbola, simile, dan personifikasi. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin mengadakan penelitian serupa agar menambah jumlah data untuk dapat menyamaratakan hasil analisis. Penulis juga menyarankan untuk menginvestigasi lebih lanjut peran visualisasi gambar pada iklan cetak atau mungkin menganalisa perbandingan iklan-iklan berbeda jenis untuk mengungkap bagaimana gaya bahasa pada satu jenis iklan berbeda dengan iklan lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/37/051301156
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 23 Sep 2013 10:48
Last Modified: 18 Oct 2021 05:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100724
[thumbnail of SKRIPSI_SHEILA_AGUSTINA_0811110070.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_SHEILA_AGUSTINA_0811110070.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item