Dinamika dan Resolusi Konflik Antara Perusahaan Manufaktur, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia dan Buruh

Prasetya, Rendy Irfan (2018) Dinamika dan Resolusi Konflik Antara Perusahaan Manufaktur, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia dan Buruh. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini membahas mengenai dinamika dan resolusi konflik yang terjadi pada hubungan industrial antara perusahaan, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan buruh di perusahaan manufaktur, Sidoarjo. Latar belakang munculnya studi ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi dalam hubungan industrial mengenai konflik disebabkan oleh pelanggaran hak normatif yang dilakukan oleh perusahaan terhadap buruh. Dinamika peran SPSI sebagai katup penyelamat untuk menyelesaikan konflik agar terciptanya resolusi konflik sebagai wujud keteraturan struktur sebagai hasil akhir dari konflik yang terjadi. Penelitian ini menggunakan teori Lewis A. Coser tentang strukturalisme konflik untuk menjelaskan konflik realistis serta fungsi dari katup penyelamat sebagai peredam konflik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus instrumental. Hasil dari penelitian ini adalah dinamika konflik akibat pelanggaran hak normatif yang dilakukan oleh perusahaan yang kemudian terjadinya konfrontasi sebagai wujud solidaritas in-group kelompok karyawan yang mengalami penindasan dalam bentuk demonstrasi. Resolusi konflik merupakan upaya pihak SPSI yang mengalami dinamika peran aktor sebagai katup penyelamat untuk meredakan konflik melalui perundingan bipartit. perundingan menghasilkan kebijakan baru perusahaan untuk mempekerjakan kembali karyawan yang terkena PHK sebagai karyawan outsourcing dan program kemitraan.

English Abstract

This research discusses about the dynamic and resolution of conflicts that occured between Manufacture Corporate, Indonesian Alliance of Laborers, and Laborers at Sidoarjo. The background of this research emerged upon a violation of normative right by corporate owner to the laborers. In this case, Indonesian Alliance of Laborers as safety valve has imortant role to solve the problems in order to create the resolution of conflicts as a form of well-ordered relation and as a final re

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/61/051801734
Uncontrolled Keywords: dinamika konflik, hubungan industrial, hak normatif, resolusi.
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.6 Conflict and conflict resolution
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 May 2018 02:35
Last Modified: 16 Oct 2021 05:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10071
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item