Error Analysis In The Narrative Writing Produced By Students Of SMP Negeri 4 Malang.

Putri, Dyanara (2013) Error Analysis In The Narrative Writing Produced By Students Of SMP Negeri 4 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang digunakan di dunia. Namun, orang Indonesia tidak menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa asing, namun pelajar Indonesia, dari SD hingga perguruan tinggi harus belajar bahasa Inggris karena bahasa Inggris sangat penting di era globalisasi ini. Dalam proses pembelajaran, siswa Indonesia pasti melakukan kesalahan. Bisa dimaklumi karena aturan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris berbeda. Penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan dan (2) menemukan kesalahan yang paling sering terjadi dalam penulisan naratif yang dihasilkan oleh siswa kelas VIII kelas dwibahasa SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan analisis dokumen untuk menjawab permasalahan penelitian. Data dikumpulkan dari tiga puluh dua tulisan naratif yang dihasilkan oleh siswa kelas delapan kelas dwibahasa SMP Negeri 4 Malang. Dalam mengumpulkan data, peneliti meminta siswa untuk menulis paragraf naratif sekitar 150 sampai 200 kata dengan topik yang dipilih dalam 100 menit. Peneliti menganalisis data menggunakan teori dari Dulay, Burt, dan Krashen (1982) tentang taksonomi strategi permukaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa jenis kesalahan ketika mereka menulis sebuah karangan narasi. Kesalahan-kesalahan tersebut adalah penghilangan, penambahan, salah formasi, dan salah urut. Penghilangan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu, penghilangan kata depan, penghilangan kata 'be', penghilangan penanda jamak, dan penghilangan artikel. Kemudian, penambahan dibagi menjadi dua jenis yaitu, penambahan ‘be’ dan penambahan kata kerja. Misformation juga dibagi menjadi dua jenis yaitu, misformation 'be' dan misformation verb. Yang terakhir adalah kesalahan pemesanan. Peneliti menyarankan kepada penulis selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa menggunakan objek yang berbeda dan menganalisis kesalahan dengan teori lain. Saran lainnya adalah menggunakan teori yang sama tetapi dengan objek yang berbeda seperti buku teks atau artikel untuk datanya.

English Abstract

Nowadays, English is one of the international languages used in the world. However, Indonesians do not use English in their daily life. Although English is a foreign language, Indonesian students, from elementary up to university should learn English because English is very important in this globalization era. In the process of learning, Indonesian students surely make errors. It is understandable since the rule of Bahasa Indonesia and English is different. This research aims: (1) to identify the types of errors and (2) to find the most frequently error in the narrative writing produced by the eighth grade students of bilingual class of SMP Negeri 4 Malang. This research is designed by using descriptive qualitative research and document analysis to answer the problems of the study. The data were collected from the thirty two narrative writing produced by the eighth grade students of bilingual class of SMP Negeri 4 Malang. In collecting the data, the researcher asked the students to write a narrative paragraph about 150 until 200 words with a topic chosen in 100 minutes. The researcher analyzed the data using the theory from Dulay, Burt, and Krashen (1982) about surface strategy taxonomy. The results of this research showed that the students did some types of errors when they wrote a narrative writing. Those errors are omission, addition, misformation, and misordering. Omission was divided into some parts namely, omission of preposition, omission of ‘be’, omission of plural marker, and omission of article. Then, addition was divided into two types namely, addition of ‘be’ and addition of verb. Misformation was also divided into two types namely, misformation of ‘be’ and misformation of verb. The last is misordering. The researcher suggests to the next writers who want to conduct the similar research use the different object and analyze the errors with other theories. Another suggestion is to use the same theory but with the different object like textbook or article for the data.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/226/051309833
Uncontrolled Keywords: Error analysis, error, narrative paragraph, types of error
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Nov 2013 09:59
Last Modified: 30 Nov 2021 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100683
[thumbnail of 12._CHAPTER_III.pdf]
Preview
Text
12._CHAPTER_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13._CHAPTER_IV.pdf]
Preview
Text
13._CHAPTER_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 14._CHAPTER_V.pdf]
Preview
Text
14._CHAPTER_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4._ABSTRACT.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 15._REFERENCES.pdf]
Preview
Text
15._REFERENCES.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 11._CHAPTER_II.pdf]
Preview
Text
11._CHAPTER_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10._CHAPTER_I.pdf]
Preview
Text
10._CHAPTER_I.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item