Rahayu, Ismia (2013) Teaching English for Kindergarten Students (A Case Study in TK Al-Azhar Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mengajar Bahasa Inggris Untuk Siswa TK Berbeda Dari Siswa Sekolah Tingkat Tinggi. Guru Harus Menggunakan Teknik Dan Metode Yang Tepat Untuk Membuat Siswa Tertarik Untuk Belajar Bahasa Inggris. Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa TK Adalah Untuk Memperkenalkan Bahasa Inggris Di Usia Dini Sehingga Mereka Akan Terbiasa Dengan Bahasa Inggris. Penelitian Ini Dilakukan Untuk Mengetahui Teknik Dan Metode Yang Digunakan Oleh Guru Bahasa Inggris Di TK Al-Azhar, Bahan Yang Digunakan Untuk Pendukung Pembelajaran Bahasa Inggris, Dan Partisipasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Inggris. Penelitian Ini Dilakukan Dengan Menggunakan Desain Penelitian Kualitatif, Dan Instrumen Yang Digunakan Adalah Wawancara, Observasi, Dan Analisis Dokumen. Temuan Penelitian Ini Adalah (1) Teknik Dan Metode Yang Digunakan Oleh Guru Yang Bisa Menarik Siswa TK Untuk Belajar Bahasa Inggris Dengan Baik. Teknik Pengajaran Yang Digunakan Oleh Guru Adalah Menyanyikan Lagu-Lagu, Menggunakan Kartu Bergambar Untuk Menjelaskan Materi, Meniru Pengucapan Guru, Melatih Pengucapan Siswa, Dan Memberikan Tes Kepada Siswa; (2) Materi Pendukung Untuk Mengajar Siswa TK Adalah Buku Teks Dan Buku Cerita Bergambar. Sedangkan, Media Untuk Pengajaran Bahasa Inggris Adalah Lagu-Lagu Yang Diciptakan Oleh Guru Atau Yang Didapatkan Dari Pelatihan, Kartu Bergambar Yang Didapatkan Dari Buku Cerita Bergambar Atau Buku Pegangan Siswa Dan Objek Nyata. Media Itu Digunakan Tergantung Pada Topik Yang Dibahas. (3) Para Siswa Antusias Dan Senang Dalam Belajar Bahasa Inggris. Mereka Aktif Di Kelas Dan Cepat Mengetahui Apa Yang Guru Ajarkan. Sebagai Kesimpulan, Penggunaan Kartu Bergambar Dan Lagu Sangat Membantu Bagi Guru Untuk Menarik Perhatian Siswa Dan Membuat Kelas Lebih Menyenangkan. Selain Itu, Menerapkan Teknik Dan Metode Yang Tepat Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Dapat Mencapai Target Dalam Mengajar Bahasa Inggris Untuk Siswa TK. Peneliti Menunjukkan Bahwa Studi Lebih Lanjut Dapat Menganalisis Teknik Mengajar Bahasa Inggris Menggunakan Cerita Pendek Dan Film Pendek Untuk Meningkatkan Kosakata Siswa.
English Abstract
Teaching English For Kindergarten Students Is Different From High Level School Students. The Teacher Should Use Appropriate Technique And Method To Make The Students Interested In Learning English. The Aim Of Teaching And Learning English For Kindergarten Students Is To Introduce English In Early Age So That They Will Be Familiar With English. This Study Was Conducted To Investigate The Techniques And Methods Used By The English Teacher In Tk Al-Azhar, The Materials Used To Support Teaching And Learning English, And The Students’ Participation In Learning English. This Research Was Conducted Using Qualitative Research Design, And The Instrument Used Were Interview, Observation, And Document Analysis. The Findings Of This Research Were (1) The Technique And Method Used By The Teacher Could Attract Kindergarten Students To Learn English Well. The Teaching Technique Used By The Teacher Were Singing Songs, Sensing Using Picture Cards To Explain The Material, Imitating The Teacher’s Pronunciation, Drilling The Students Pronunciation, Giving Test To The Students; (2) The Supporting Material To Teach The Kindergarten Students Were Textbooks And Picture Series. While, The Media For Teaching English Were Songs Created By The Teacher Or Obtained From Training, The Picture Cards Taken From The Picture Series Or Students’ Handbook And Real Object. (3) The Students Are Enthusiastic And Happy In Learning English. They Were Active In Class And Quickly Understood What The Teacher Taught. In Conclusion, The Use Of Picture Cards And Songs Are Helpful For The Teacher To Attract The Students And Make The Class More Fun. Besides, Applying The Appropriate Methods And Techniques In Teaching English Can Achieve The Target In Teaching English For Kindergarten Students. The Researcher Suggests That Further Study Analyzes The Technique Of Teaching English Using Story Telling Or Short Movie To Enrich Kindergarten Students’ Vocabulary.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2013/221/051309828 |
Uncontrolled Keywords: | SLA, pengajaran bahasa Inggris, teknik dan metode mengajar, materi pendukung, partisipasi siswa |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 12:59 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 04:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100678 |
Preview |
Text
print_revisi_baru.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |