Ayu, SeniaPuspita (2013) Semiotic Analysis on Television Advertisement of Coca Cola “Reason To Believe : Indonesia Version”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Iklan merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan kepada orang lain dengan tujuan mempengaruhi agar mereka menggunakan produk tersebut. Semiotik digunakan untuk menciptakan korelasi antara elemen-elemen dalam iklan. Penulis menggunakan iklan Coca Cola " Reason to Believe : Indonesian Version” sebagai subjek yang akan dianalisis menggunakan studi semiotic berdasarkan teori dari Peirce. Pendekatan semiotik yang digunakan dalam menginterpretasi tanda, simbol, ikon, dan index yang terdapat dalam iklan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mencari: (1) tanda semiotik apa saja yang tedapat pada iklan Coca Cola di televisi dan (2) menginterpretasikan tanda semiotik yang ada dalam iklan Coca Cola di televisi. Studi ini adalah studi kualitatif dalam bentuk analisa tekstual. Data dari penelitian ini adalah 20 adegan yang ditayangkan di televisi. Hasil dari penelitian ini adalah setiap iklan Coca Cola “ Reason to Believe : Indonesian Version” mengandung tanda semiotik seperti tanda, simbol, ikon, dan index. Terdapat 20 simbol, 46 ikon dan 26 index. Ikon paling banyak ditemukan dibanding simbol dan index. Tulisan ditemukan sebagai simbol yang terdapat pada hampir di semua adegan. Tulisan digunakan untuk memperjelas kondisi di setiap adegan. Saran ditujukan kepada peneliti selanjutnya untuk memilih tanda pada iklan, dimana iklan tersebut berasal dari sumber yang lain seperti radio, koran, atau internet sehingga dapat memberikan hasil yang bervariasi. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode penelitian yang lain guna mengetahui intrepretasi orang lain terhadap suatu sumber iklan.
English Abstract
Advertisement is a medium to deliver messages to people with the goal to influence them to use certain products. Semiotics is applied to develop a correlation within the element used in advertisement. In this study, the writer chooses the television advertisement of Coca Cola “ Reason to Believe: Indonesian Version” as the subject to be analyzed using semiotic study based on Peirce’s theory. Semiotic approach is employed in interpreting the sign, symbol, icon, and index in television advertisements. This study aims to identify: (1) the semiotic signs found in the Coca Cola advertisement, and (2) the interpretation of semiotic signs in the Coca Cola advertisement. This study is qualitative in the form of document analysis. The data are 20 scenes in the Coca Cola “Reason to Believe : Indonesian Version” TV advertisements. The result of this research shows that each advertisement contains semiotic signs such as symbol, icon and index. There are 20 symbols, 46 icons, and 16 index. Icon is mostly used rather than symbol and index. Text are provides as symbol in most scenes. The text use for emphazing the condition of each scene. Suggestion is made for next researchers to choose the signs of the advertisement from other media sources like radio, newspaper, or the internet, to obtain various results. Next researchers can also conduct further studies by seeing people’s interpretation on certain advertisements.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2013/193/051308760 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 16 Sep 2013 09:23 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100652 |
Preview |
Text
THESIS.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |