A Study Of Jargons used On Chating In Audition Ayo Dance Game Online

Wardhani, RizkiIntan (2012) A Study Of Jargons used On Chating In Audition Ayo Dance Game Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi adalah suatu hal yang penting dimana bahasa menjadi simbol yang paling kuat dalam berperilaku sosial. Akan tetapi, ada situasi dimana orang menggunakan bahasa khusus yang digunakan di luar kelompok mereka, baik itu secara sengaja ataupun tidak. Jargon adalah salah satu bahasa variasi yang sangat berguna dalam suatu kelompok untuk menciptakan komunikasi secara efisien. Di dunia maya, seperti permainan online, pengguna komunitas online tidak bertemu secara langsung, namun mereka bertemu secara maya. Jadi, bahasa yang digunakan oleh para pemain game online akan lebih beragam daripada bahasa yang digunakan pada umumnya. Hal tersebut yang kemudian menjadi pertimbangan penulis untuk melakukan sebuah studi mengenai jargon yang digunakan dalam komunikasi maya dengan mengambil subjek penelitian dari sebuah permainan online bernama Audition Ayo Dance. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis menyusun tiga rumusan masalah: (1) Jargon apayang ditemukan dalam permainan Audition Ayo Dance online, (2) Proses morfologi apa saja yang dibentuk pada jargon, dan (3) Apa peran jargon dalam Audition Ayo Dance. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penulis bermaksud untuk menjabarkan sebuah fenomena bahasa secara komprehensif menggunakan bahasa dan kata-kata. Sumber data dalam penelitian ini adalah transkripsi percakapan durasi 60 menit dalam Audition Ayo Dance dan datanya adalah layar cetak berupa percakapan yang diambil selama 60 menit. Penulis menemukan 46 jargon dalam studi ini. Jargon yang digunakan oleh para gamer adalah cerminan dari kehidupan mereka sebagai gamer. Selanjutnya, penulis menemukan bahwa ada lima jenis kata-proses pembentukan yang membentuk jargon yaitu acronym, clipping, coinage, blending dan back-formation. Disarankan bagi para peneliti selanjutnya untuk meneliti dengan menggunakan media lain, seperti film, surat kabar, majalah atau komunitas lainnya. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberi arti untuk para gamer yang tertarik untuk bermain Audition Ayo Dance.

English Abstract

Communication is an important thing where language becomes the most powerful symbols of social behavior. However, there is a situation when people use such specialized words outside their group whether they realize it or not. Jargon is one of variety language that is very useful for the member of the group in creating an efficient in-group communication. In virtual world, such as online game, the condition of society does not meet each other in reality, but they meet in virtual condition. So, the language that will be used by the gamers are more various than the language in general. Therefore, the writer believes that it is important to have a study on jargon used in virtual world by doing a study on how jargon used in online game by taking a subject from online game named Audition Ayo Dance. Hence, the writer proposed three problems: (1) What jargons are found in Audition Ayo Dance online game, (2) How are jargons morphologically formed, and (3) How do those jargons work in Audition Ayo Dance online game. This study used qualitative approach since the writer intended to describe a language phenomenon comprehensively through the words and using language. The source of data was the transcription of chatting 60 minutes conversation in Audition Ayo Dance and the data was the print screen which are taken during 60 minutes conversation. The finding revealed that there were 46 jargons found in the game. The jargons that are used by the gamers are the reflection of their life as gamers. Furthermore, the writer found that there are five types of word-formation process applied are acronym, clipping, coinage, blending and back-formation. It is suggested for the future researchers to have a research using other media, such as movie, newspaper, magazine or other community. The result of the research is also expected to give significance to the new gamers who are interested to play Audition Ayo Dance online game.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/88/051204351
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2012 10:03
Last Modified: 18 Oct 2021 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100539
[thumbnail of CHAPTER_III.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_IV.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_II.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_V.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_I.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_I.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item