A Study Of Josephine Alibrandi’s Self-Concept In Melina Marchetta’s Looking For Alibrandi

Anggraini, Atalya (2012) A Study Of Josephine Alibrandi’s Self-Concept In Melina Marchetta’s Looking For Alibrandi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia selalu mengaktualisasi dirinya secara aktif. Mereka mengalami proses perkembangan yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Skripsi ini berkaitan dengan bagaimana manusia menghadapi konflik-konflik dalam hidupnya yang memberikan pengaruh pada konsep dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep diri Josephine Alibrandi sebagai tokoh utama dalam novel Looking for Alibrandi karya Melina Marchetta. Pendekatan psikologi digunakan dalam menganalisis novel ini dengan pertimbangan bahwa konsep diri berhubungan dengan kondisi psikologi Josephine. Landasan teori yang akan digunakan merujuk pada pengertian konsep diri yang merupakan hasil komposisi dari gambaran terhadap diri, harapan terhadap diri, dan penghargaan terhadap diri. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri juga akan diperhatikan dalam analisis novel ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Josephine menggambarkan dirinya sebagai seorang perempuan yang tidak menarik secara fisik, tidak sopan, suka mendramatisir situasi yang dia tidak sukai, dan pintar. Dia juga harus berurusan dengan status sosialnya sebagai „wog‟ dan anak haram. Harapan Josephine adalah menjadi pengacara dan menjadi seseorang yang dapat diterima oleh lingkungan sekitarnya. Josephine juga mendambakan kehidupan yang normal ketika ia menemui fakta bahwa hubungan di luar nikah sudah menjadi „tradisi‟ di keluarganya. Harapannya menjadi seorang pengacara sesuai dengan kemampuannya secara akademis dan hal ini mengarahkannya pada penghargaan diri yang tinggi. Sebaliknya, harapannya untuk diterima oleh lingkungan sekitarnya tidak sesuai dengan gambaran dirinya dan hal ini memicu rasa rendah diri dalam dirinya. Namun Josephine dapat membangun harga dirinya melalui proses yang harus dia alami di lingkungan keluarga dan sekolah. Penulis menyimpulkan bahwa keluarga memiliki peran yang besar dalam pembentukan konsep diri Josephine Alibrandi. Hal ini berarti konsep diri seseorang tidak dapat dibentuk oleh satu persepsi saja, tetapi melibatkan persepsipersepsi orang lain terhadap orang tersebut.

English Abstract

Humans always actualize themselves actively. They experience developmental process, which is influenced by endogenous and exogenous factors. This study deals with how human being encounters conflicts in his life, which give effect to his self-concept. The aim of this research is to analyze Josephine‟s self-concept, the main character of the novel, as it is portrayed in Melina Marchetta‟s Looking for Alibrandi. Psychological approach is assessed and applied to the analysis of the novels with the consideration that self-concept is relevant to Josephine‟s psychological aspect. The theoretical framework to be used when analyzing the texts is derived from the idea of self-concept, which is a result of composition of self-image, selfideal, and self-esteem. Attention is also given to influential factors to Josephine‟s self-concept. The study finds that Josephine perceives herself as unattractive, disrespectful, overdramatic, smart and she has to deal with her social status as a „wog‟ and an illegitimate child. She wants to be a barrister and being accepted by society. The fact that “having affair” becomes her family‟s genetic disease makes her want to be a person of normalcy. Her dream about being barrister is in accordance to her intelligence and it leads to high self-esteem. In contrast, her aspiration to be accepted by society has discrepancy with her self-image, which results to low self-esteem. However, she can upgrade her self-esteem higher through a number of processes in her family and school life. The writer infers that family relationship plays significant role in shaping Josephine Alibrandi‟s self-concept. This means that a person‟s self-concept cannot be established by one‟s perception only, but involves other people‟s perception about a person.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/83/051204346
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2012 15:00
Last Modified: 18 Oct 2021 04:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100534
[thumbnail of 051204346.pdf]
Preview
Text
051204346.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item