Syauqi, Muhammad (2012) The Meanings of Photographs and the Functions of Captions on TIME Magazine Front Covers. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunikasi dalam kehidupan manusia dapat berupa tanda verbal dan non-verbal. Makna-makna suatu tanda dapat dianalisis menggunakan teori semiotics. Penulis menggunakan dua teori semiotika yaitu teori dari Peirce dengan model tanda triadic-nya yang terdiri dari representamen, interpretant dan object, dan teori dari Saussure dengan model tanda dyadic-nya yang terdiri dari petanda (signifier) dan penanda (signified). Penulis melakukan penelitian ini berkaitan dengan tanda yang terdapat pada sampul depan majalah TIME yang berfokus pada foto-foto dan judul-judul foto yang terdapat pada sampul depan majalah tersebut. Penulis merumuskan dua rumusan masalah untuk meniliti: (1) makna-makna foto yang terdapat pada sampul depan majalah TIME dan (2) fungsi-fungsi dari judul foto yang terdapat pada sampul depan majalah TIME. Pendekatan qualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk memahami fenomena-fenomena yang sedang dipelajari. Analisa dokumen digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisa makna-makna foto dan fungsi-fungsi dari judul foto. Data diambil dari enam foto sampul depan pada majalah TIME yang mengandung foto-foto Obama dan judul-judul foto yang ada pada majalah tersebut. Hasil dari penelitian ini mengungkap makna-makna dari foto-foto dan tiga fungsi dari judul-judul foto pada majalah TIME. Fungsi pertama dari judul foto tersebut adalah sebagai informasi awal tentang isu-isu yang terdapat didalam majalah. Judul foto juga juga berfungsi sebagai judul penjelas terhadap foto yang secara langsung menjelaskan makna dari foto-foto tersebut. Fungsi yang terakhir dari judul foto adalah sebagai judul deskriptif yang menggambarkan secara langsung terhadap foto yang terdapat pada sampul depan majalah tersebut. Penulis menyarankan bahwa para peneliti yang akan datang menggunakan lebih dari satu sampul depan majalah dan membandingkan hasil dari kedua majalah tersebut untuk mendapatkan hasil temuan baru dan mengetahui hasil perbedaan tanda antara dua sampul depan majalah. Penulis juga menyarankan bahwa peneliti yang akan datang tidak hanya menggunakan sampul depan majalah TIME sebagai data tetapi juga menggunakan media massa yang lainnya untuk memberikan hasil data yang informatif.
English Abstract
Communication in human life can be in the form of verbal and non-verbal signs. The meanings of a sign can be analyzed by using Semiotics theory. The writer uses two semiotic theories from Peirce with his triadic model of sign that consists of representamen, interpretant and object, and from Saussure‟s theory with his dyadic model of sign that consists of signifier and signified. The writer conducts this study in relation to signs on TIME magazine front covers photographs focusing on the photographs and captions. The writer formulated two problems of the study to investigate: (1) The meanings of photographs on TIME magazine front covers and (2) The functions of photographs‟ captions on TIME magazine front covers. A qualitative approach is used in this research to comprehend the phenomenon being studied. Document analysis is applied in this research to analyze the meanings of photographs and the function of the photograph‟s captions. The data are taken from six front cover photographs of TIME Magazine containing Obama photographs and captions of the magazine front covers. The result of this study reveals the meanings of photographs and three functions of photographs‟ captions on TIME magazine. The first functions of photographs‟ captions are as leading information about the issues inside magazine. The captions also functions as explanatory caption toward photograph which directly explains the meaning of the photographs. The last function of the caption is as the descriptive caption which describe directly of the photograph on the magazine front cover. The writer suggests that the next researchers use more than one magazines front cover and compare the results of two front covers to get new finding results and to know different sign results between the two magazine front covers. The writer also suggests that the next researchers not only use TIME magazine front covers as data but also use other mass media to get informative data results.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2012/72/051200483 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 Oct 2012 08:24 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100516 |
Preview |
Text
051204335.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |