Anindita, Dicka (2012) Error Analysis Of Expository Text Produced By Semester Eight Students Of Study Program Of English Faculty Of Culture Studies Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memiliki peran penting untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam hal ini, pelajar Indonesia diwajibkan untuk belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, mulai dari tingkat SD hingga tingkat tersier. Tentu saja, proses belajar bahasa tersebut membutuhkan waktu di mana proses itu bisa saja terjadi kesalahan atau error. Dalam studi ini, peneliti meneliti jenis kesalahan dan sumber kesalahan yang dihasilkan oleh mahasiswa semester delapan dalam teks ekspositori mereka. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan analisa konten untuk menjawab rumusan masalah. Data dalam penelitian ini adalah dua puluh teks ekspositori yang dibuat oleh mahasiswa semester delapan yang memiliki skor TOEFL di atas 500. Dalam pengumpulan data, peneliti memberikan kisi-kisi atau blangko untuk peserta dan memberikan waktu tiga hari untuk mereka mengerjakannya. Studi ini menemukan omission (Om) dengan 9 kesalahan (45%), penambahan (Ad) dengan 2 kesalahan (10%), misformations (Mf) dengan 7 kesalahan (35%), dan misorderings (Md) dengan 2 kesalahan (10% ). Jumlah kesalahan yang ditemukan adalah 24 kesalahan. Dalam penelitian ini, semua kesalahan dikategorikan ke dalam kesalahan developmental karena kurangnya pemahaman dari pembelajar. Mengacu pada rumusan masalah yang kedua, penelitian ini mengungkapkan bahwa sumber kesalahan adalah kesalahan 9 (45%) yang disebabkan oleh gangguan. Selain itu, sebagian kesalahan dalam penelitian ini disebabkan oleh kesalahan intralingual dengan 11 kesalahan (55%). Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin melanjutkan penelitian yang sama menggunakan teori lain atau menggunakan teori dan partisipan yang sama tetapi menggunakan kriteria yang berbeda, seperti kriteria nilai mata kuliah writing.
English Abstract
English as an international language has an important role to develop science and technologies. In this case, Indonesian learners are required to learn English as a foreign language, starting from elementary level to tertiary level. Certainly, the process of learning such language takes time in which the process of it could involve making errors. In this study, the researcher examines the kinds of errors and source of errors produced by semester eight students in their expository text. The researcher uses descriptive qualitative approach and content analysis in order to answer the research problems. The data are twenty expository text made by semester eight students who have TOEFL score above 500. In data collection, the researcher provides a writing prompt for participants and let them do writing up for the three days long. This study finds omissions (Om) with 9 errors (45%), additions (Ad) with 2 errors (10%), misformations (Mf) with 7 errors (35%), and misorderings (Md) with 2 errors (10%). The total number of the erroneous sentences found is 24 errors. Here, all errors are categorized into developmental errors because all of errors occur from limited mastery in English. Responding to the second problem of this study, this study reveals that the source of errors are 9 errors (45%) caused by interference and errors with 11 errors (55%) caused by intralingual. The researcher suggests the next researchers who want to conduct a similar study by using another theory or use the same theory and participants with different criteria, like the average of writing score.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2012/70/05120433 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Oct 2012 15:15 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100514 |
Preview |
Text
051204333.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |