A Study Of Signs Used In Three Advertisements Of Tagheuer Formula 1, Tagheuer Link And Tagheuer Carrera

Wahyuni, Ropa (2012) A Study Of Signs Used In Three Advertisements Of Tagheuer Formula 1, Tagheuer Link And Tagheuer Carrera. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menganalisa aspek-aspek dalam ilmu semiotic yang diterapkan pada tiga iklan jam tangan TAGHeuer. Melalui analisa yang dilakukan mencangkup aspek-aspek semiotik untuk memahami arti dan makna tanda yang dipakai dalam tiga iklan jam tangan tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat membuktikan kegunaan dua teori dalam semiotic untuk menganalisa data yang ada sehingga dapat bermanfaat untuk menyampaikan pesan dan ide kepada pembaca. Selanjutnya ada tiga perumusan masalah dalam studi ini. Masalah pertama adalah tanda-tanda apa saja yang ditemukan dalam ketiga iklan tersebut. Masalah kedua, bagaimana tanda-tanda yang ditemukan diuji menggunakan teori model triadik dari Peirce (1982). Yang terakhir, klasifikasi dari tanda-tanda yang ditemukan menggunakan teori bentuk-bentuk tanda dari Peirce (1982). Kedua aspek dalam semiotik tersebut memiliki keterkaitan yang erat sehingga dapat menghubungkan setiap masalah untuk menghasilkan kesimpulan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitatif dimana metode yang digunakan cenderung bersifat penjabaran secara dalam dan terperinci. Penelitian ini juga meneliti phenomena yang terjadi dalam kehidupan masyarakat yaitu isi dari iklan yang menggunakan tanda-tanda untuk menyampaikan arti dan ide. Penelitian ini menggunakan analisis dokumen karena peneliti menggunakan objek berasal dari tiga iklan visual yang dicetak. Penulis memilih tiga iklan yang terbaru yang diterbitkan pada tahun 2012, 2011 and 2010. Dari ketiga iklan jam tangan TAGHeuer ditemukan 32 tanda-tanda. Tanda-tanda tersebut telah diuji pula menggunakan triadik model dari Peirce sehingga dapat dikatan triadik model dapat digunakan untuk menganalisa tanda-tanda yang ditemukan. Penelitian ini menggunakan teori triadik model untuk mengetahui proses pemahaman tanda-tanda yang ditemukan dan untuk mengkategorikan tanda-tanda tersebut kedalam bentuk-bentuk tanda. Terdapat 10 tanda yang dikategorikan kedalam mode ikonik, 19 tanda-tanda yang dikategorikan sebagai mode symbolik dan 3 tanda-tanda yang diklasifikasikan sebagai mode indeksikal. Dengan dilaksanakan penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan informasi dan pengetahuan bagi pembaca dan juga peneliti berikutnya. Diharapkan pula bahwa peneliti yang akan datang akan terus mengembangkan aspek semiotik lainnya yang belum pernah diteliti oleh peneliti sebelumnya dan memperbaiki kekurangan dari penelitian sebelumnya.

English Abstract

The study is conducted to analyze the semiotic aspects in the three advertisements of TAGHeuer watches. By analyzing the semiotic aspect in those advertisements, it is considered to examine the aspects to find the expected meanings through the analysis. The study is expected to analyze how the semiotic aspects could deliver the ideas to the readers. Furthermore, there are three problems of the study in this study. The first problem deals with the signs found. The second problem deals with how the signs found could be analyzed using triadic model by Peirce (1982). The third problem of the study deals with what classifications included to the signs found. The both aspects of signs studied which are triadic model and forms of signs could be connected each other. This study uses qualitative approach in relation to describe the phenomena that are studied. The analysis is included to document analysis because the writer takes three samples of printed visual advertisements of TAGHeuer watches downloaded from the website of TAGHeuer. The chosen advertisements are the samples of the advertisements taken from three current years 2012, 2011 and 2010. Connecting to the problems of the study, the findings shows that the signs found in the three advertisements are 32 signs in the three advertisements studied. The signs are also successfully analyzed using the triadic model by Peirce. The study analyzes the data related to the processes to understand the signs using Peirce’s triadic model and to classify the signs found using Piece’s forms of signs. Furthermore, all signs are included to the iconic modes, symbolic modes and indexical modes. In detail, there are 10 signs included to iconic modes, 19 signs categorized into symbolic modes and 3 signs classified into indexical modes. By taking this study hopefully can drive further researchers to explore and analyze the semiotic aspects which are not taken by the writer in this study. This study is expected to give ideas for future research to bring some topics which may not have been discussed before in the previous studies. This study is the media to give reference for the further researchers to conduct the next studies related to the semiotic aspects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/59/051204322
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2012 14:36
Last Modified: 18 Oct 2021 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100501
[thumbnail of 051204322.pdf]
Preview
Text
051204322.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item