Dewanto, WidhyaArief (2012) A Semiotic Study On Axe “Dark Temptation” Fragrance's TV Advertisement. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Iklan sebagai jembatan komunikasi antara “sesuatu” (pesan) dengan masyarakat. Semiotik digunakan untuk menciptakan korelasi antara elemen-elemen dalam iklan. Peneliti melakukan studi tentang penggunaan semiotik dalam iklan parfum Axe “Dark Temptation”. Pada penelitian ini, terdapat dua pokok masalah yang akan diselesaikan, (1) apa saja tanda-tanda yang digunakan dalam iklan parfum Axe “Dark Tempatation” berdasarkan analisis semiotik, dan (2) apa arti dari setiap tanda yang digunakan dalam iklan parfum Axe “Dark Temptation”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena yang dipelajari secara jelas dan sistematis. Analisa tekstual digunakan untuk menganalisa interpretasi terhadap iklan parfum Axe “Dark Temptation”. Penelitian ini membuktikan bahwa semua elemen semiotik (ikon, indek, dan simbol) pada versi iklan parfum yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini. Di dalam iklan, elemen-elemen semiotik digunakan untuk menyampaikan informasi dan menghasilkan sebuah pesan melalui makna dari tanda-tanda tersebut. Peneliti mencatat 48 tanda yang ditemukan, diantaranya 27 ikon, 6 simbol, dan 15 index. Peneliti mencatat bahwa elemen ikon lebih banyak ditemukan daripada simbol atau index. Bbagaimanapun, elemen simbol mempunyai peran terpenting dalam iklan tersebut. Penulis menyarankan kepada para peneliti selanjutnya untuk menganalisis objek dari persepsi yang berbeda dengan menggunakan teori semiotik. hal ini berguna untuk mendapatkan data yang menarik dan menemukan objek yang tidak biasa atau yang lebih umum untuk memperluas cakupan studi semiotiknya.
English Abstract
Advertisement is the link of communication between “something” (message) and the people. Semiotics is applied to develop a correlation within the elements used in advertisement. The writer conducts a study on Axe “Dark Temptation” fragrance advertisement which carries out semiotic relationship. In this research, there are two problems of the study to be solved, (1) what kinds of signs used in the Axe “Dark Temptation” fragrance‟s advertisement based on semiotic analysis are, and (2) what the meaning of each sign in the Axe Fragrance “Dark Temptation” advertisement is. This research uses qualitative approach in relation to the use of clear and systematic description of the phenomena being studied. Documentary analysis is applied in this study to analyze the interpretation or meaning of the Axe “Dark Temptation” Fragrance advertisement. The semiotics elements of icon, symbol, and index within the advertisement become the object of this study. Within the advertisement, the semiotics elements are used to deliver the information and generate the message through meaning of the signs. The researcher identified 48 total number of signs that consist of 27 icons, 6 symbols, and 15 indexes. The researcher notes that there are more iconic message elements than the symbolic or indexical ones; however, symbolic meaning seems to be more effective within the advertisement. The writer suggests the next researchers analyze object from different perception using semiotic theory. It is useful to get interesting data and find an unusual or more general object to broaden the scope of his/her semiotic study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2012/37/051201173 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 11:29 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100478 |
Preview |
Text
051201173.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |