Analisis Kesalahan Bentuk Pengandaian Bahasa Jepang To, Ba, Tara, Nara Pada Mahasiswa S1 Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2009

Kumalasari, Devi (2012) Analisis Kesalahan Bentuk Pengandaian Bahasa Jepang To, Ba, Tara, Nara Pada Mahasiswa S1 Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2009. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Jepang saat ini tidak hanya dipelajari oleh orang Jepang saja, akan tetapi orang asing juga banyak yang mempelajari bahasa Jepang khususnya orang Indonesia. Bagi kebanyakan pembelajar bahasa Jepang menganggap bahwa bahasa Jepang itu sulit. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan makna. Dalam bahasa Jepang terdapat bentuk pengandaian yang maknanya berbeda dengan pengandaian dalam bahasa Indonesia. Apabila pembelajar hanya memahami makna leksikal yang terdapat di dalam kamus saja, semua bentuk tersebut memiliki kesamaan arti dalam bahasa Indonesia yaitu ‘kalau’. Karena itulah dalam studi ini penulis akan menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Jenis kesalahan apa yang banyak dilakukan mahasiswa angkatan 2009 dalam penggunaan bentuk pengandaian to, ba, tara, nara dalam kalimat bahasa Jepang. (2) Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kesalahan penggunaan bentuk pengandaian to, ba, tara, nara dalam kalimat bahasa Jepang pada mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2009. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes yang didukung dengan wawancara yang dilakukan kepada 17 mahasiswa S1 Sastra Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2009. Instrumen penelitian ini adalah tes tentang penggunaan bentuk pengandaian bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan penyebab kesalahan. Setelah dilakukan analisis data dapat diketahui bahwa jenis kesalahan yang banyak dilakukan adalah (1) kesalahan tekstual (2) kesalahan perorangan (3) kesalahan menganalogi dan (4) kesalahan kelompok. Kemudian penyebab kesalahan adalah bahasa ibu dan kebiasaan. Penulis menyarankan kepada mahasiswa program studi sastra Jepang Universitas Brawijaya untuk penelitian selanjutnya agar meneliti tentang analisis kontrastif bentuk pengandaian bahasa Jepang to, ba, tara, nara atau menganalisis bentuk kesalahan dengan menggunakan objek dan metode yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/110/051204373
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2012 09:27
Last Modified: 18 Oct 2021 04:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100429
[thumbnail of 051200903.pdf]
Preview
Text
051200903.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item