Safitri, DyahAjeng (2011) The Students Efforts in Developing Their English Speaking Skill in Al Fattah English Course Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi. Bahasa Inggris di Indonesia tidak dianggap sebagai bahasa kedua, tetapi masih merupakan bahasa asing. Dari kondisi ini sebagian orang mempunyai ide untuk mendirikan kursus bahasa Inggris, karena mereka merasa bahwa bahasa Inggris yang diberikan di sekolah atau lembaga formal saja tidak cukup. Penulis melakukan penelitian tentang upaya siswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka di Kursus Bahasa Inggris Al Fattah (AEC) Jombang. Untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pembiasaan, MEA memberlakukan kewajiban berbahasa Inggris di kawasan MEA bagi para siswa. Ada dua masalah dalam penelitian ini: (1) Apa upaya siswa MEA untuk mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka? (2) Sejauh mana siswa mendapat manfaat dari ini? Kewajiban berbahasa Inggris di AEC? Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data diambil dari angket untuk 18 siswa MEA yang telah belajar di sana selama enam bulan dan wawancara terbimbing untuk salah satu guru MEA. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa upaya yang dilakukan oleh siswa MEA untuk mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka adalah: bergabung dengan klub bahasa Inggris di sekolah, menonton program bahasa Inggris di TV atau mendengarkan program bahasa Inggris di radio, membaca majalah dan koran bahasa Inggris, berlatih berbicara bahasa Inggris dengan keluarga, dengan teman-teman, dengan guru bahasa Inggris, berlatih bahasa Inggris oleh siswa sendiri, dan mendengarkan lagu-lagu barat. Hal ini juga menunjukkan bahwa siswa merasa bahwa mereka telah meningkatkan kefasihan berbicara, akurasi tata bahasa, kosa kata, dan akurasi pengucapan setelah bergabung dengan AEC. Dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa kewajiban berbicara dalam MEA merupakan salah satu faktor penting yang mendukung perkembangan keterampilan berbicara siswa. Kefasihan dalam berbicara dianggap sebagai hasil penting setelah siswa bergabung dengan MEA. Peneliti menyarankan untuk peneliti selanjutnya untuk membuat analisis yang lebih mendalam tentang kewajiban berbicara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pembelajaran bahasa asing.
English Abstract
English is a language which is mostly used by people around the world for communication. English in Indonesia is not regarded as a second language, but still a foreign language. From this condition some people have an idea about establishing an English course, because they feel that English given in school or formal institution is not enough. The writer conducted a research about students efforts in developing their English speaking skill in Al Fattah English Course (AEC) Jombang. In order to make English become a habitual language, AEC applies an obligation of speaking English in AEC area for the students. There are two problems in this research: (1) What are the efforts of AEC students to develop their English speaking skills? (2) To what extent do the students benefit from th English speaking obligation in AEC? This research is a case study with qualitative approach. The data were taken from questionnaire for 18 students of AEC who have been studying there for six months and guided interview for one of AEC teacher. The study reveals that the efforts done by AEC students to develop their English speaking skill are: joining English club at school, watching English program on TV or listening to English program on radio, reading English magazines and newspapers, practicing speaking English with family, with friends, with English teachers, practicing English by the students themselves, and listening to western songs. It is also shown that the students feel they have improved their speaking fluency, grammar accuracy, vocabulary, and pronunciation accuracy after joining AEC. From this study, the researcher concludes that the speaking obligation in AEC is one of the important factors that support the development of students speaking skill. The fluency in speaking is considered as the important result after the students joining AEC. The researcher suggests for the next researchers to make deeper analysis about speaking obligation to get better understanding about foreign language learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2011/56/051104300 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 05 Oct 2011 10:54 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 15:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100394 |
Preview |
Text
051104300.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |