A Psycholinguistic Study on How Teachers Talk to Their Students in Kindergarten PGRI 02 Batu

Martani, KaAstaAkhebat (2011) A Psycholinguistic Study on How Teachers Talk to Their Students in Kindergarten PGRI 02 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbicara dengan anak kecil berbeda dengan berbicara dengan orang dewasa karena anak masih memiliki keterbatasan pengetahuan tentang struktur bahasa dan kata-kata. Oleh karena itu, guru taman kanak-kanak menggunakan register tertentu, yang disebut teacher-talk untuk berkomunikasi dengan siswa muda mereka. Penulis melakukan studi psikolinguistik tentang bagaimana guru berbicara di TK PGRI 02 Batu. Masalah penelitian adalah (1) strategi apa yang digunakan oleh guru TK agar siswa memahami apa yang mereka ucapkan dan (2) bagaimana siswa menanggapi strategi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data deskriptif karena datanya berupa kata-kata. Selain itu, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Ada beberapa cara yang digunakan guru untuk membuat siswa memahami apa yang mereka ucapkan: (1) berbicara tentang apa yang terjadi di sekitar anak-anak pada saat guru dan anak-anak berbicara serta peristiwa masa lalu dan masa depan, (2) bergiliran, (3) memperlambat, (4) melakukan koreksi, (5) menggunakan kalimat yang lebih pendek, (6) menggunakan lebih banyak pengulangan, (7) menggunakan nada yang lebih tinggi, (8) menggunakan intonasi yang lebih berlebihan, (9) menggunakan pengucapan yang hati-hati , (10) menggunakan instruksi terjemahan tidak langsung, (11) menggunakan nada lembut - tidak berteriak, (12) menggunakan bahasa daerah, dan (13) menggunakan volume keras (dalam kelas dengan banyak siswa). Umumnya siswa dapat memahami ucapan guru dengan memberikan jawaban yang benar, memberikan pendapat untuk menanggapi ucapan guru, melanjutkan kata-kata guru, mengulangi apa yang guru katakan atau kata-kata yang baru saja diperkenalkan guru, dan melakukan apa yang guru minta. melakukan. Penulis menyarankan peneliti lain untuk menggunakan studi lain, seperti semiotika yang mempelajari bahasa non-verbal, untuk menyelidiki pembicaraan guru. Juga, lebih menarik untuk menghitung kata per menit dan jeda yang disisipkan dalam ucapan guru sehingga penulis selanjutnya dapat menyelidiki seberapa lambat guru harus berbicara untuk membuat siswa mengerti apa yang mereka ucapkan. Selain itu, sebaiknya guru TK memperhatikan cara berbicara dengan siswanya agar proses pembelajaran dapat lebih efektif.

English Abstract

Talking to young children is different from talking to adults because children still have limited knowledge of language structure and words. Therefore, kindergarten teachers use certain register, called teacher-talk to communicate to their young students. The writer conducted a psycholinguistic study about how teachers talk in Kindergarten PGRI 02 Batu. The research problems are (1) what strategies are used by the kindergarten teachers so that their students understand what they are uttering and (2) how the students respond to the teachers’ strategies. This study uses qualitative approach with descriptive data since the data is in the form of words. In addition, the type of research is case study. There are some ways that the teachers use to make their students understand what they are uttering: (1) talking about what is happening surrounding the children at the time of the teachers and children are speaking as well as past and future events, (2) taking turn, (3) slowing down, (4) making correction, (5) using shorter sentences, (6) using more repetition, (7) using higher pitch, (8) using more exaggerated intonation, (9) using careful enunciation, (10) using indirect translated instructions, (11) using soft tone - not yelling, (12) using local language, and (13) using loud volume (in a class with many students). Generally, the students can understand the teachers’ utterances by giving answers correctly, giving opinion to respond the teachers’ utterances, continuing the teachers’ words, repeating what the teachers say or the words that the teachers just introduced, and doing what the teachers ask to do. The writer suggests the other researchers to use other studies, such as semiotic which studies the non-verbal language, to investigate teachers’ talk. Also, it is more interesting to count the words per minutes and the pauses inserted in the teachers’ utterances so that the next writer can investigate how slow the teachers should talk to make the students understand what they are uttering. Moreover, it is better for kindergarten teachers to concern about how they talk to their students so that the learning process can be more effective.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2011/44/051103999
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2011 09:07
Last Modified: 01 Nov 2021 15:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100381
[thumbnail of 051103999.pdf]
Preview
Text
051103999.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item