An Analysis of Language Functions Used by the Main Characters in Laskar Pelangi Movie

ViviMayasari (2010) An Analysis of Language Functions Used by the Main Characters in Laskar Pelangi Movie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa sebagai suatu media komunikasi mempunyai banyak fungsi. Pemilihan fungsi bahasa di dalam suatu film sangat penting untuk menyampaikan pesan dari sebuah film kepada penonton. Oleh karena itu, penulis mengadakan sebuah penelitian tentang fungsi bahasa yang digunakan di dalam film Laskar Pelangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) fungsi bahasa yang digunakan dalam film Laskar Pelangi dan (2) pelaksanaan fungsi bahasa dalam film Laskar Pelangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan analisa dokumen untuk mendeskripsikan fungsi bahasa yang digunakan dalam film Laskar Pelangi dan pelaksanaan fungsi bahasa tersebut. Data yang digunakan berupa ujaran-ujaran di dalam film yang kemudian ditranskrip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa enam dari tujuh fungsi bahasa yang digunakan dalam film Laskar pelangi yaitu fungsi referensial, fungsi fatis, fungsi emosi, fungsi direktif, fungsi estetis, dan fungsi metalinguistik. Dari keenam fungsi bahasa tersebut, fungsi referensial (fungsi bahasa untuk menyampaikan informasi) paling banyak digunakan dalam film ini. Hal ini dikarenakan banyak dari ujaran dari pemeran utama memberikan informasi. Fungsi bahasa di dalam film Laskar Pelangi dapat dilaksanakan di dalam situasi formal dan informal dan mayoritas dilaksanakan di dalam situasi informal dengan menggunakan bahasa informal. Pelaksanaan fungsi bahasa dalam film ini efektif untuk menyampaikan pesan dikarenakan pesan disampaikan secara jelas, langsung, dan mudah dimengerti. Dapat disimpulkan bahwa fungsi utama bahasa di dalam film Laskar Pelangi adalah untuk memberikan informasi. Fungsi bahasa dalam film ini mampu menyampaikan pesan dengan baik. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya, terutama mahasiswa jurusan bahasa yang akan mengadakan penelitian serupa untuk lebih memahami teori fungsi bahasa dan menggunakan teori atau subyek yang berbeda. Penulis juga menganjurkan kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan analisa penelitian seperti menganalisa karakterisasi pada film dan membuat persiapan yang baik dengan cara memastikan data yang digunakan dan memahami dengan baik mengenai teori yang digunakan sehingga penelitian dapat berjalan dengan baik dan lancar.

English Abstract

Language as a media of communication has many functions. The choice of language functions is important in a movie in order to deliver the message of the movie to the viewers. The writer conducted a study about language functions that are used in Laskar Pelangi movie. This study aims at examining: (1) the kind of language functions used in Laskar Pelangi movie and (2) the implementation of language functions used in Laskar Pelangi movie. This study uses descriptive qualitative approach and document analysis to describe the language functions used in the utterances in Laskar Pelangi movie and the implementation of them. The data are transcribed utterances which are uttered by four characters in the movie. This study reveals that six out of seven language functions are used in Laskar Pelangi movie. They are referential function, phatic function, emotive function, directive function, poetic function, and metalinguistic function. From those six language functions, referential function (the function of language to deliver information) is the most commonly used in this movie. It is because most of utterances produced by the speakers give information to the hearers. The language functions used in Laskar Pelangi movie can be implemented both in formal and informal situation. Most of them are implemented in informal situation by using informal language. The implementation of language functions in this movie is effective to deliver the message from the speakers to the hearers because the messages are clearly stated and understandable. In conclusion, the main function of language in Laskar Pelangi movie is delivering information from the speaker to the hearer. The language functions in this movie can deliver the message well from the speaker to the hearer. The writer suggests the next researchers, especially the students of English Department who want to conduct a similar research to understand more about language functions theory and use different theories or subject. The writer also suggests the next researchers to enlarge the analysis such as the characterization and make a good preparation such as making sure that they can get the data and understand the theory well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2010/43/051100229
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2011 10:12
Last Modified: 18 Oct 2021 05:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100339
[thumbnail of 051100229.pdf]
Preview
Text
051100229.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item