Conversational Implicature Analysis of Cigarette Advertisement Slogans

RitaMargaretaChristiningrum (2010) Conversational Implicature Analysis of Cigarette Advertisement Slogans. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Slogan rokok mengandung pesan tersembunyi karena perusahaan-perusahaan rokok menggunakannya untuk mempromosikan produk mereka secara tidak langsung. Fenomena ini mendorong penulis untuk menganalisis slogan iklan rokok. Dalam kajian ini, penulis ingin mendeskripsikan jenis implikatur yang dibawa oleh slogan dan artinya berdasarkan teori implikatur percakapan Grice. Penulis juga ingin mencari tahu mudah diingat dan dimengertinya slogan. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan analisa konten untuk menjawab rumusan masalah dengan baik. Penulis juga mendistribusikan angket kepada 80 perokok di Batujajar untuk mendapatkan data penelitian yang lengkap. Terdapat sepuluh slogan dari sembilan produk yang dianalisis di kajian ini. Semua slogan mengandung implikatur percakapan khusus dan hanya empat slogan yang juga mengandung implikatur percakapan umum. Untuk memahami arti dari slogan yang mengandung implikature percakapan khusus, pembaca harus mengerti konteks dari slogan. Hampir seluruh arti slogan berhubungan dengan promosi produk dan rayuan kepada konsumen untuk membeli produk mereka. Beberapa perusahaan juga menggunakan slogan ini untuk menyindir kondisi Indonesia yang tidak baik. Berhubungan dengan mudah tidaknya slogan untuk diingat dan dipahami, pemilihan kata mempengaruhi mudah tidaknya slogan tersebut untuk diingat dan dipahami oleh konsumen. Slogan yang mengandung kata-kata yang tidak asing, seperti kata-kata gaul Indonesia cukup mudah diingat dan dimengerti. Penulis menganjurkan kepada peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian ini untuk memahami teori pragmatik, khususnya teori mengenai implikatur dan konteks, menggunakan teori lain untuk membuat penelitian ini lebih lengkap, dan menggunakan sampel yang lebih besar untuk memperoleh data yang lebih lengkap. Mereka dapat membatasi umur dan latar belakang pendidikan responden, sehingga mereka dapat meneliti pendapat responden berdasarkan umur dan latar belakang pendidikan.

English Abstract

Cigarette slogans contain hidden message because the cigarette companies use them to promote their product indirectly. This phenomenon forces the writer to analyze cigarette advertisement slogans. In this study, the writer intends to describe the kinds of implicature that are carried by the slogans and their meaning based on Grice‟s conversational implicature theory. The writer also wants to find out the memorability and understandability of the slogans. The writer used descriptive qualitative approach and content analysis in order to answer the research problems well. The writer also distributed questionnaires to 80 smokers in Batujajar to get complete research data. There are ten slogans from nine products that are analyzed in this study. All of them contain particularized implicature and only four slogans also contain generalized implicature. To understand the meaning of the slogans that carry particularized implicature, the readers need to understand the slogans‟ context. Most of the slogan‟s meanings are related to the promotion of the product and persuasion to the customers to buy its product. Some of the manufactures also use this slogan to satirize the condition of Indonesia which is not good. Related to the memorability and understandability of the slogans, the choice of words influences the memorability and understandability of the slogans. Slogans that consist of familiar words, such as Indonesian slang words are memorable and understandable enough. The writer suggests the next researcher who wants to conduct a similar research to understand the theory of pragmatics, especially implicature and context, use another theory to make their study more complete, and use larger sample to get more complete data. They can limit the respondents‟ age or background, such as background of education, so that they can investigate their opinion based on their age or background of education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2010/18/051002813
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2011 10:22
Last Modified: 18 Oct 2021 04:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100313
[thumbnail of 051003168.pdf]
Preview
Text
051003168.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item