Implementasi Lean Six Sigma Sebagai Upaya Meminimasi Waste Pada Pembuatan Webb Di PT. Temprina Media Grafika Nganjuk

Najib, Abdul Halim (2014) Implementasi Lean Six Sigma Sebagai Upaya Meminimasi Waste Pada Pembuatan Webb Di PT. Temprina Media Grafika Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Temprina Media Grafikamerupakansalahsatuperusahaanpercetakan yang ada di Indonesia. PT Temprina Media Grafikamemproduksikoran, tabloid, majalah, bukudan media cetaklainnya. Pada proses produksi khususnya proses pembuatan webb (isi buku) masih terdapat banyak permasalahan. Contoh permasalahan yang terjadi adalah masih terdapatwastedefect dan waiting karena failure mesin. Masih adanya permasalahan yang terjadi pada proses pembuatan webb dan masih kurangnya penanganan permasalahan kualitas produksi,dimana penanganan masalah hanya berdasarkan pengalaman.Permasalahn yang terjadi dapat diminimasi dengan pendekatan konsep lean six sigma. Leandigunakan untuk melakukan analisis dan memberikan usulan perbaikan untuk mengurangi waste yang terjadi, sedangkan pendekatan six sigmadapat digunakan analisi danperbaikan untuk mengurangi defect. Tahapan pada penelitian ini menggunakan tahap define, meassure, analyze, dan improve (DMAI). Proses pada tahap DMAI adalah dengan melakukan identifikasi aktivitas proses produksi, identifikasi seven waste, identifikasi waktu produksi, pembuatan value stream mapping, menggolongkan aktivitas yang terdiri dari value added, non value added dan neccessary but non value added, mengukur waste yang terjadi, menentukan critical waste, menghitung DPMO dan level sigma, analisi penyebab terjadinya waste menggunakan diagram sebab akibatpemilihan prioritas penanganan waste dengan menggunakan FMEA, dan memberikan usulan rekomendasi perbaikan. Melalui konseplean six sigma dengan menggunakan tahap DMAI maka diketahui hasil dari penelitian tersebut. Pada tahap define semua waste teridentifikasi terjadi pada proses pembuatan webb, yaitu defect, waiting, inappropriate processing, transportation, unnecessary inventory, overproduction, dan motion. Pada waste defect terukur nilai level sigma sebesar 3,27. Pada tahap improve, nilai RPN tertinggi pada FMEA dijadikan prioritas perbaikan. Sehingga usulan perbaikan dapat diterima oleh perusahaan. Nilai RPN tertinggi tersebut terdapat pada waste defect dan waiting. Rekomendasi perbaikan untuk defect adalah dengan penggunaan metode checklist, preventive maintenance, dan konsep 5S. Sedangkan rekomendasi perbaikan untuk waiting adalah penambahan fasilitas kerja seperti pendingin ruangan dan earplug.

English Abstract

Temprina Media Grafika ltd is a printing company in Indonesia. Temprina Media Grafika ltd prduces newspaper, magazine, commercial book, and another printing products. This study focuses on webb productionprocess because it has waste problem in production process and the quality control. The problem can be minimized by lean six sigma. Lean can be used to analyze and extend recommendations to eliminate waste of production process, while six sigma can minimize the defect product. The study is conducted in 4 stages, such are define, measure, analyze, and improve (DMAI). The processes held in this study are identifyingthe process activities, indentifying the seven waste, calculating the stopwatch time study, making a value stream mapping, measuring waste, determining the critical waste, calculating the DPMO and the sigma level, analyzing the causes of waste using a cause effect diagram, selecting waste to be priority to handling using of FMEA, and proposing recommendations to minimize waste. In the define phase, seven wastes were identified from the production process. Waste that were identified are defects, unnecessary motion, unnecessary inventory, waiting, overproduction, transportation, and inappropriate processing. The result of the sigma level for defect is 3,27. In the improve phase the recommendations to reduce prioritized critical wastes that occurs in production process are proposed based on FMEA’s the highest RPN values.So the suggestions and recommendations are appropriate for company. The highest RPN’s value exist on waste defect and waiting. The improvement recommendation for defect are using checklist method, preventive maintenance, and 5S concepts. The improvement recommendation for waiting is increasing work facilities such as air cooler and earplug

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/F/2014/619/051406026
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Sep 2014 15:48
Last Modified: 22 Nov 2021 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100296
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR_+_DAIS.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR_+_DAIS.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN_KOMPRE.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN_KOMPRE.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item