Aldityo, Tri Kharisma (2017) Analisis Keunggulan Perusahaan Keluarga Menggunakan Pendekatan DNA Growth Family Businesses (Studi Kasus Pada PT. Kanaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi inti bisnis keluarga pada PT.Kanaya di DKI Jakarta yang dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan November 2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan mengetahui keunggulan bersaing dan bagaimana posisi PT.Kanaya dengan kompetitor-kompetitor terdekat nya agar nantinya perusahaan dapat mengembangkan perencanaan strategis kedepannya. Alat analisis yang digunakan yaitu VRIO Framework dengan pendekatan DNA Growth Family Businesses untuk mengetahui kompetensi inti perusahaan dan Competitive Profile Matrix (CPM) untuk perbandingan faktor kunci dari hasil analisis VRIO dengan kompetitor terdekat nya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa dari hasil analisis VRIO dengan pendekatan DNA Growth Family Businesses dan CPM PT.Kanaya memiliki 20 keunggulan perusahaan yang di generalisasi lagi menjadi 11 faktor kunci bagi perusahaan dan dari perbandingan yang dilakukan PT.Kanaya memiliki keunggulan yang tipis dibandingkan kompetitor nya. Agar dapat lebih unggul lagi PT.Kanaya harus membuat CSR yang lebih relevan dari operasi bisnis nya yang bergerak dibidang kelautan seperti budidaya hutan bakau dan karang. Perusahaan juga harus lebih meningkatkan preferensi yang ramah lingkungan dengan cara membangunun kapal berkonsep ecoship yang lebih efisien dan ramah terhadap lingkungan.
English Abstract
This objective of this study is to determine the core competence of PT. Kanaya, a family business in the province of Jakarta. This descriptive research was held from June to November 2017 using qualitative approach to identify the core competence of the company and its position among closest competitors so the company can develop their future strategy. This study uses VRIO Framework with DNA Growth Family Businesses approach to identify the company’s core competence and Competitive Profile Matrix (CPM) to benchmark its key factors with its closest competitors resulting from VRIO The conclusion is that PT. Kanaya has 20 company advantages that can be generalized to 11 key factors. Furthermore, the benchmarking indicates that the company has a marginal advantage over its competitors. To achieve greater advantage, the company’s CSR activities should be relevant to their business operation, such as mangrove and coral cultivation, since the company works in marine field. The company should also increase their preference to environmentally friendly technology, such as the use of energy efficient and environmentally friendly ships.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/36/051801996 |
Uncontrolled Keywords: | Bisnis Keluarga, VRIO framework, CPM, DNA Growth Family Businesses, Kualitatif |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 03:36 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 01:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10029 |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
Actions (login required)
View Item |