Putri, GediaImanuelitha (2013) Badan Pelayanan Perijinan Kabupaten Sidoarjo dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ijin Gangguan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perijinan merupakan salah satu bentuk pelayanan terwujudnya Otonomi Daerah sebagai wujud dari tugas umum pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dengan kemudahan yang diberikan pelayanan perijinan diharapkan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembuatan ijin. Salah satu ijin yang paling penting dalam memulai suatu usaha adalah ijin gangguan. Pada kondisi di lapangan masih ditemukannya kekecewaan masyarakat pengguna jasa pelayanan dalam pembuat ijin gangguan menjadi salah satu hal yang perlu dibenahi di BPPT Kabupaten Sidoarjo. Penelitian sangat menarik untuk diteliti lebih lanjut. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisa pelayanan yang dijalankan di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo dalam pemberian ijin gangguan. Menganalisa sejauh mana BPPT dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta upaya BPPT dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan melihat faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi dalam memberikan pelayanan di BPPT Kabupaten Sidoarjo dalam pemberian ijin gangguan.Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode pencatatan atas pengamatan fakta yang berhasil dilihat. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi atas segala fenomena dan keterangan sumber data terkait. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perijinan terpadu Kabupaten Sidoarjo sudah cukup baik jika ditinjau dari 6 dimensi kualitas yaitu dimensi tangible , dimensi reliability , dimensi responsiveness , dimensi assurance , dimensi empathy dan dimensi acess yang didalamnya secara keseluruhan sudah cukup, meskipun harus ada perbaikan dari sisi sarana dan prasarana dan pengenalan akan lokasi BPPT yang hanya ada di pusat kota. Selain itu upaya-upaya yang dilakukan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik juga cukup bagus, misalnya dengan ditetapkannya standar pelayanan untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, serta pembinaan sumber daya manusia serta mekanisme dan prosedur yang digunakan. Sedangkan faktor pendukung dan faktor penghambat masih ada dalam meningkatkan kualitas pelayanan ijin gangguan di BPPT Kabupaten Sidoarjo. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan kualitas pelayanan publik khususnya dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan ijin gangguan sudah cukup baik, meskipun ada kendala tetapi hal ini masih bisa diatasi oleh pegawai Badan Pelayanan Perijinan Terpadu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR//FIA/2013/95/051304338 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 27 Jun 2013 12:24 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100280 |
Preview |
Text
051304338.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |