Penempatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dalam Rangka Produktifitas Kerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Kediri)

Fuadi, Nurul (2013) Penempatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dalam Rangka Produktifitas Kerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sesuai dengan Undang-Undang pemerintahan daerah yaitu UU No.32 Tahun 2004, daerah berhak mengatur rumah tangganya sendiri termasuk mengenai Penataan Organisasi. Khusus mengenai masalah kepegawaian, setelah pemberlakuan PP No. 41 Tahun 2007 setiap daerah mempunyai jumlah organisasi yang berbeda tergantung pada jumlah penduduk, luas wilayah, dan jumlah APBD. Di Kota Kediri sendiri dalam menempatkan pegawainya setelah pemberlakuan PP No. 41 Tahun 2007 terdapat pegawai yang penempatannya kurang sesuai dengan kompetensinya sehingga berdampak pada produktifitas kerja pegawai itu sendiri. Maka dari itu bagaimanakah penempatan PNS dari promosi, demosi dan mutasi serta bagaimanakah penempatan PNS terhadap produktifitas kerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan penempatan PNS dan mendiskripsikan dampak penempatan PNS terhadap produktifitas kerja pegawai. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan teknik dokumentasi. Disini melibatkan kepala kantor dan beberapa staf di Badan Kepegawaian Kota Kediri. Analisa data menggunakan miles dan huberman model interaktif, setelah data diolah dan dianalisa kemudian di deskripsikan dengan melakukan interpretasi, masalah yang dihadapi diuraikan berpatokan pada teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penempatan Pegawai Negeri Sipil pasca penerapan Peraturan Pemerintah PP No. 41 Tahun 2007 di Kota Kediri terdapat penghapusan terhadap dinas pengelolaan pasar. Kemudian dalam menempatkan pegawai dari dinas pengelolaan pasar tersebut disebar ke tiap-tiap instansi yang ada di Kota Kediri dan dalam penyusunan formasi pegawai tidak memperhatikan pada prinsip-prinsip penyusunan formasi yang terdapat pada KEP/75/M.PAN/7/2004. Berikutnya penempatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terdapat hak prerogatif Walikota Kediri yang hanya dapat diintervensi oleh Baperjakat. Kemudian produktifitas kerja dampak positifnya mendapatkan rekan kerja baru dan pengalaman kerja yang lebih banyak, sedangkan dampak negatifnya pegawai perlu menyesuaikan diri terhadap pekerjaan baru sehingga produktifitas terganggu. Solusi dalam penempatan pegawai yaitu lebih memperhatikan tingkat pendidikan dan kompetensi pegawai yang akan dipindahkan, mengoptimalkan fungsi dari Baperjakat dan memberikan motivasi bagi pegawai yang akan dipindahkan baik dari instansi asal maupun instansi dari instansi yang dituju.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FIA/2013/69/051301045
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Apr 2013 10:18
Last Modified: 18 Oct 2021 05:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100252
[thumbnail of 051301045.pdf]
Preview
Text
051301045.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item