Analisis Penerapan Metode Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Perusahaan (Studi Pada PT. PLN (Persero) Area Pasuruan periode 2010-2011),

Rahmawati, WennySusilo (2013) Analisis Penerapan Metode Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Perusahaan (Studi Pada PT. PLN (Persero) Area Pasuruan periode 2010-2011),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan perusahaan akan pentingnya peranan manajemen strategi untuk merespon perubahan yang terjadi dimasa yang akan datang serta menciptakan masa depan perusahaan yang unggul menghadapkan perusahaan pada penerapan metode pegukuran kinerja yang tepat dan lengkap secara keseluruhan, yaitu Balanced Scorecard . Balanced Scorecard memiliki empat perspektif yang merupakan satu kesatuan yang mempunyai hubungan saling keterkaitan antara satu dan lainnya serta berhubungan erat dengan misi dan strategi perusahaan yakni perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT. PLN (Persero) Area Pasuruan dengan penerapan metode Balanced Scorecard periode tahun 2010-2011. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data pada penelitian ini adalah PT. PLN (Persero) Area Pasuruan, dengan teknik pengambilan data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan Balanced Scorecard pada perusahaan sudah baik. Penilaian kinerja berdasarkan Keputusan Menteri BUMN No:KEP-100/MBU/2002 dapat dikatakan baik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya bobot angka PT. PLN (Persero) Area Pasuruan periode 2010 dan 2011 mengalami peningkatan sesuai dengan target yang telah ditetapkan perusahaan. Analisis tahun 2010 PT. PLN (Persero) Area Pasuruan mampu memperoleh total nilai sebesar 93,44% dan meningkat pada tahun 2011 yaitu sebesar 96,26%. PT. PLN (Persero) Area Pasuruan agar lebih meningkatkan lagi kinerja pada semua perspektif khususnya pada indikator-indikator yang belum mencapai target untuk periode selanjutnya, begitu pula serta kualitas sumber daya manusia agar menjadi perusahaan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FIA/2013/58/051301035
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Apr 2013 10:21
Last Modified: 18 Oct 2021 04:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100239
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-V_FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V_FIX.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5._RINGKASAN_-_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
5._RINGKASAN_-_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1._MOTTO.pdf]
Preview
Text
1._MOTTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item