Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya)

Alam, TitahMustika (2013) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gaya kepemimpinan transformasional sangat penting peranannya dalam mempengaruhi bawahannya dalam mencapai tujuan melebihi tujuan yang diharapka sebelumnya. Budaya organisasi juga sangat penting karena budaya menjadi dasar utama setiap pegawai dalam melakukan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendiskripsikan Gaya Kepemimpinan Transformasional (X 1 ) dan Budaya Organisasi (X 2 ) serta Kepuasan Kerja Pegawai (Y) di Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya. 2) Mengetahui pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional (X 1 ) dan Budaya Organisasi (X 2 ) secara simultan terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y) 3) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi secara parsial terhadap Kepuasan Kerja Pegawai di Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian yang disebarkan kepada responden sebanyak 123 pegawai. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling. Analisis data yang digunakan yakni menggunakan analisis deskriptif yang berisi distribusi frekuensi item dari masing-masing variabel, kemudian analisis korelasi dan regresi linier berganda yang digunakan untuk mengetahui besarnya hubungan dan pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Hasil uji regresi linier berganda yang diperoleh dari perhitungan menggunakan SPSS 16.00 for Windows, nilai F hitung sebesar 20,187 lebih besar dari F tabel sebesar 3,07 pada taraf signifikan 0,000 maka H 0 ditolak yang berarti bahwa variabel gaya kepemimpinan transformasional (X 1 ) dan budaya organisasi (X 2 ) secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan kerja pegawai (Y). Koefisien b 1 sebesar 0.228 dan koefisien b 2 sebesar 0.301 yang berarti pengaruh yang lebih dominan adalah budaya organisasi. Uji parsial, semua variabel bebas mempunyai nilai Sig. dibawah alpha 0,05 sehingga membuktikan adanya pengaruh gaya kepemimpinan tarnsformasional dan budaya organisasi secara parsial terhadap kepuasan kerja pegawai. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah deskripsi gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan kepuasan kerja pegawai masih ada hasil yang menyatakan dibawah jawaban setuju. Adanya pengaruh secara simultan antara variabel gaya kepemimpinan transformasional (X 1 ) dan budaya organisasi (X 2 ) terhadap kepuasan kerja pegawai (Y). Pengaruh secara parsial, variabel budaya organisasi (X 2 ) yang paling dominan mempengaruhi variabel kepuasan kerja pegawai (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FIA/2013/164/051305101
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2013 14:52
Last Modified: 18 Oct 2021 04:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100131
[thumbnail of 051305101.pdf]
Preview
Text
051305101.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item