Analisis Pengendalian Intern Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Pasar Kota Malang)

Rachmawati, Andita (2012) Analisis Pengendalian Intern Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Pasar Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pelaksanaan sistem dan prosedur penerimaan retribusi pelayanan pasar pada Dinas Pasar Kota Malang. Dilihat dari cara atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah pengendalian intern pada Dinas Pasar Kota Malang. Lokasi penelitian dilakukan pada Dinas Pasar Kota Malang. Jenis data primer diperoleh secara langsung dari sumbernya yaitu terhadap responden yang akan diteliti. Data tersebut diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan bagian-bagian yang terkait. Jenis data sekunder diperoleh dari formulir dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen penelitian berupa panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data nonstatistik dengan menganalisis pengendalian intern secara keseluruhan pada Dinas Pasar Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dan prosedur penerimaan retribusi pelayanan pasar pada Dinas Pasar Kota Malang masih terdapat kelemahan yang kurang dapat mendukung pengendalian intern dinas yaitu pada bagian pemungutan masih merangkap sebagai pemberi benda berharga (karcis) dan melakukan pencatatan, terdapat formulir yang belum dicantumkan nomor yang tercetak, dan dalam hal distribusi formulir maupun otorisasi bagian yang terkait ada beberapa yang menimbulkan kelemahan dalam pengendalian intern yaitu kurangnya jumlah copy formulir untuk arsip. Untuk membantu memecahkan masalah tersebut adalah memaksimalkan pengendalian intern, dengan memisahkan bagian yang masih terjadi perangkapan fungsi, perbaikan formulir yang masih belum terdapat nomor tercetak, memperbaiki pendistribusian formulir yang digunakan, dan juga memaksimalkan kontrol pada setiap transaksi yang berkaitan dengan retribusi pelayanan pasar. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan sistem dan prosedur penerimaan retribusi pelayanan pasar yang akan dapat meningkatkan pelaksanaan pengendalian intern penerimaan retribusi pelayanan pasar pada Dinas Pasar Kota Malang di masa yang akan datang.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/619/051300904
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Apr 2013 10:40
Last Modified: 17 Oct 2021 08:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100030
[thumbnail of 051300904.pdf]
Preview
Text
051300904.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item