Error Analysis On The Verb Usage Found In The Narrative Paragraph Written By The Second Semester Students Of Study Program Of English, Faculty Of Culture Studies

Rahayu, Restiyani Tri (2013) Error Analysis On The Verb Usage Found In The Narrative Paragraph Written By The Second Semester Students Of Study Program Of English, Faculty Of Culture Studies. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebanyakan orang pada saat ini diharapkan untuk menguasai lebih dari satu bahasa karena beberapa alasan. Sementara itu dalam mempelajari bahasa, mereka akan menghadapi beberapa kesulitan dan melakukan kekeliruan. Salah satu penyebab kesulitan pembelajaran bahasa ini karena elemen kebahasaan dari bahasa yang dipelajari mempunyai sistem yang berbeda dengan bahasa pertama mereka. Sementara itu bahasa pertama yang digunakan oleh pembelajar bahasa adalah bahasa Indonesia yang mempunyai perbedaan bentuk kata kerja dengan kata kerja dalam bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis rumusan masalah tentang kekeliruan pada penggunaan kata kerja yang digunakan oleh mahasiswa semester dua Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya dalam menulis paragraf naratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dokumen analisis untuk menjawab rumusan masalah. Data penelitian ini sebanyak tiga puluh paragraf naratif yang diambil dari 10 % seluruh mahasiswa semester dua di tahun 2012. Selanjutnya topik dalam paragraf naratif tersebut adalah “The Most Embarrassing Event in My Life”. Dalam menganalisa, peneliti mengdeskripsikan kekeliruan penggunaan kata kerja berdasarkan teori sistim klasifikasi bahasa dari Dulay, Burt, dan Krashen yaitu dibagi menjadi dua kategori. Mereka adalah frase kata kerja dan konstruksi antara kata kerja. Hasil penelitian menunjukan ada 147 kekeliruan. Didalam frase kata kerja ada 60 kekeliruan dalam penggunaan kata kerja yang berhubungan dengan waktu, 17 kekeliruan pengurangan kata kerja, 22 kekeliruan bentuk kata kerja, 9 kekeliruan kesepakatan kata benda dan kata kerja, dan 15 kekeliruan penggunaan kata kerja. Selain itu pada konstruksi antara kata kerja, terdapat 18 kekeliruan pada penggunaan kata kerja ganda and 6 kekeliruan kesejajaran kata kerja. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa kekeliruan yang seringkali dilakukan oleh mahasiswa adalah penggunaan kata kerja yang berhubungan dengan waktu. Hal ini terjadi karena beberapa mahasiswa tidak mengetahui bahwa penulisan paragraf naratif harus menggunakan kata kerja bentuk lampau. Selain itu, mahasiswa yang telah mengetahui bahwa paragraf naratif seharusnya ditulis dalam bentuk lampau, mereka gagal dalam menggunakan bentuk kata kerja lampau tersebut. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa untuk menggunakan teori dan kerangka yang sama namun menganalisa kekeliruan tidak hanya pada penggunaan kata kerja saja, tetapi juga kekeliruan dalam penggunaan kata benda, kata sifat, kata depan, dan kata hubung.

English Abstract

People nowadays need to master more than one languages for some purposes. While in learning language, they will encounter some difficulties and make some errors. Because of error is natural process of learning, second semester students of Study program of English also made errors in their process learning especially in writing narrative paragraph. Therefore this research had a problem of study, it was what are the errorson the verb usage found in the narrative paragraphwritten by the second semester students of Study Program of English, Faculty of Culture Studies. The researcher used qualitative approach and document analysis in order to answer the research problem. The data was thirty narrative paragraphs taken from 10 % of the whole population second semester students in the year 2012. The topic of narrative paragraph was “The Most Embarrassing Event in My Life”. The result of the study showed that there were 147 verbal errors found in 128 sentences. In the verb phrase, there are 60 errors in using tenses, 17 errors in omission of verb, 22 errors in the form of verb, 9 errors in subject verb agreement, and 15 errors in the word use of verb. Afterwards in the verb-and-verb construction, there are 18 errors in double verb and 6 errors in parallelization. From the result, the researcher can conclude that the most frequent errors made are errors in using tenses. This may because the students do not know that narrative paragraph should use past tense. Moreover, some students who have known that narrative paragraph should use past tense, they fail in using the tenses.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FBS/2013/8/051301127
Uncontrolled Keywords: Analisa Kekeliruan, Paragraf Naratif dan Kata Kerja. Error Analysis, Narrative paragraph and Verb
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Feb 2013 10:50
Last Modified: 17 Oct 2021 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100022
[thumbnail of 051301127.pdf]
Preview
Text
051301127.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item