Abreviasi Wakamono Kotoba dalam Komik “Gals!” Volume 1.

Octora, Gardiola Ayu (2013) Abreviasi Wakamono Kotoba dalam Komik “Gals!” Volume 1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wakamono kotoba merupakan bahasa yang digunakan oleh anak muda Jepang dalam berkomunikasi dengan teman. Salah satu karakteristik dari wakamono kotoba adalah abreviasi. Abreviasi dilakukan untuk mempermudah pelafalan kata yang panjang, kerahasiaan, serta menguatkan rasa kesetiakawanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apa saja wakamono kotoba yang mengalami abreviasi kata dalam komik Gals! volume 1 (2) bagaimana proses pembentukan wakamono kotoba yang mengalami abreviasi dalam komik Gals! volume 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diteliti adalah komik Gals! volume 1 yang memuat wakamono kotoba , khususnya yang mengalami abreviasi. Analisis dilakukan dengan melakukan identifikasi abreviasi pada wakamono kotoba , tabulasi sesuai dengan proses abreviasi dan deskripsi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari 35 wakamono kotoba yang mengalami abreviasi, 17 kata tergolong tanshiki shouryaku, 11 kata tergolong fukushiki shouryaku dan 8 kata bentuk perkecualian, (2) pada tanshiki shouryaku ditemukan proses abreviasi jouryaku , chuuryaku , geryaku , (3) dalam fukushiki shouryaku ditemukan, fukushiki shouryaku yang terbentuk dari dua kata gabungan dan tiga kata gabungan, (4) sedangkan bentuk perkecualian terdapat 3 pola teridentifikasi, yaitu singkatan atau toujigo , kata yang sama memiliki dua bentuk kependekan yang berbeda, kependekan dengan bentukan sebelumnya berbeda. Penulis menyarankan untuk penelitian selanjutnya agar mengangkat topik wakamono kot oba dari segi penulisan atau analisis kontrastif sakasa kotoba bahasa Jepang dengan bahasa Malangan. Disarankan pula agar menggunakan sumber penutur asli bahasa Jepang sehingga penelitian yang dihasilkan lebih nyata.

Other obstract

若者言葉とは、日本の若者が仲間うちで使う言語表現である。若者言葉の 特徴の一つは省略である。発音をしやすくしたり、故意に分りにくしたり、 仲間の連帯感を強めたりといった目的で省略が行われることもある。本研究 は次の二つの問題に答えようとする。それは (1)漫画『ギャルズ』第1巻にあ る省略された若者言葉を知るため、(2)漫画『ギャルズ』第1巻にある省略さ れた若者言葉の語形成の過程を知るためである。 研究の種類は定性的、記述的である。漫画『ギャルズ』第1巻の中のデー タを見付けて記録し、省略された若者言葉があたら、それぞれの表に入れる 。そして、データが集まった後、金田一の理論によって分析 する。 結果としては、データソーサからの 35 の若者言葉の省略が見つかった。 その言葉の中には 17 の言葉が単式省略の言葉であり、11 の言葉が複式省略 であり、8 の言葉がその他である。単式省略の種類の中には、上略、中略、 下略が見つかったs。複式省略の種類の中には二式単語組み合わせと三式単語 組み合わせの複式省略が見つかった。その他の省略の中には頭字語、同じ言 葉でも違う省略、標準の形と違う省略が見つかった。 次の研究には、若者言葉の顔文字と逆さ言葉などが研究できると思う。 また、日本人を対象とする若者言葉の研究をすることもできると思う。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/27/051301146
Uncontrolled Keywords: Abreviasi, Morfologi, Wakamono Kotoba.
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Feb 2013 08:50
Last Modified: 15 Oct 2021 10:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100006
[thumbnail of Bagian_Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian_Depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bagian_Isi.pdf]
Preview
Text
Bagian_Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bagian_Lampiran.pdf]
Preview
Text
Bagian_Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item