Penerapan Reliability Centered Maintenance (RCM) Ii Sebagai Penentuan Kebijakan Sistem Perawatan Mesin Leepack Hot Filling (Studi Kasus Di PT. Heinz Abc Indonesia Pasuruan)

Rosyadi, Aqil Imanullah (2017) Penerapan Reliability Centered Maintenance (RCM) Ii Sebagai Penentuan Kebijakan Sistem Perawatan Mesin Leepack Hot Filling (Studi Kasus Di PT. Heinz Abc Indonesia Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Heinz ABC Indonesia Pasuruan merupakan salah satu perusahaan dibidang industri pangan dengan produk unggulan sirup dan kecap yang menerapkan sistem perawatan mesin dan peralatan produksi untuk meminimalisir kerusakan. Downtime di beberapa mesin yang ada di perusahaan masih tinggi karena sistem perawatan mesin yang kurang optimal. Permasalahan ini akan berdampak pada usia dan keandalan mesin sehingga biaya yang dikeluarkan untuk perawatan dan pergantian mesin dan komponen akan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sistem manajemen perawatan mesin yang sedang diterapkan oleh perusahaan, mengetahui mesin dan komponen kritis yang paling sering mengalami breakdown, menentukan interval perawatan optimal dari komponen kritis dan menentukan kegiatan perawatan mesin dan komponen kritis yang efektif menggunakan pendekatan Reliability Centered Maintenance (RCM) II. Metode perawatan dengan pendekatan Reliability Centered Maintenance (RCM) II digunakan untuk menentukan interval perawatan dan jenis tindakan perawatan. Metode ini dapat memberikan informasi kepada perusahaan untuk menentukaan tindakan perawatan yang sesuai menggunakan RCM II decision diagram dan RCM II decision worksheet. Data yang digunakan adalah data historis kerusakan mesin periode produksi Januari – Desember 2016 dan data primer penyebab kerusakan dan efek kegagalan berdasarkan hasil wawancara line leader dan supervisor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen perawatan yang diterapkan perusahaan adalah Total Productive Maintenance (TPM). Mesin dengan downtime tertinggi adalah mesin leepack hot filling dengan komponen kritis viii yaitu servo, heater, dan gripper dengan downtime masing-masing 87,9 jam, 78,41 jam dan 74,93 jam. Data Time to Failure (TTF) dan Time to Repair (TTR) komponen berdistribusi weibull. Untuk mengurangi downtime dan meningkatkan keandalan komponen dilakukan perhitungan interval perawatan optimal (TM) dengan hasil TM untuk servo 562,18 jam, untuk heater 400,72 jam dan gripper 349,18 jam. Jenis tindakan perawatan untuk ketiga komponen berdasarkan RCM II decision worksheet yaitu scheduled on-condition task dengan cara melakukan pemeriksaan kegagalan potensial pada komponen setiap interval waktu perawatan optimal. Hal tersebut akan menghasilkan Total Cost (TC) yang lebih kecil dibandingkan sebelum penerapan interval perawatan optimal yaitu Rp.50.205.185,35 menjadi Rp.10.704.136,93 untuk servo, Rp.44.170.847,17 menjadi Rp.2.620.232,05 untuk heater dan Rp.39.165.110,65 menjadi Rp.9.430.000,02 untuk gripper. Perusahaan diharapkan lebih memperhatikan aspek komponen kritis dari mesin yang memiliki downtime tertinggi serta merekap secara jelas data kerusakan komponen. untuk mendapatkan produktivitas yang lebih baik dan memperkecil pengeluaran biaya.

English Abstract

PT Heinz ABC Indonesia Pasuruan is one of food industry companies that produces syrup and soy sauce. The company is applying machine maintenance system and production equipment to minimize the engine failures. Downtime in some machines that exist in the company has a high value because the engine maintenance system is less than optimal. This problem will affect the age, reliability of the engine, increase costs for maintenance, machine replacement cost and components replacement cost. This research aimed to know the machine maintenance management system that is being applied by the company, to find the most critical machine and critical component breakdown, to determine the optimal maintenance interval from the critical component and to determine the maintenance activity of the machine and the critical components by using Reliability Centered Maintenance (RCM) II method. Reliability Centered Maintenance (RCM) II method were used to determine maintenance intervals and types of treatment measures. This method can provide information to the company to establish appropriate maintenance measures using the RCM II decision diagram and RCM II decision worksheet. Data used in this research were historical data failure machine production period from January to December 2016 and primary data which includes failure mode and failure effect. The results showed that the maintenance management applied by the company was Total Productive Maintenance (TPM). The machine with the highest downtime is leepack hot filling machine with critical components servo, heater, and gripper which had downtime 87,9 hours, 78,41 hours and 74,93 hours. Time to Failure (TTF) and Time to Repair (TTR) components were weibull distributed. In x order to reduce downtime and improve component reliability, then the optimal maintenance interval (TM) was calculated. The result of TM calculations were 562,18 hours for servo, 400,72 hours for heater and 349,18 hours for gripper. Types of maintenance measures for all three components based on the RCM II decision worksheet was the scheduled on-condition task by performing potential failure checks on the components at each optimal maintenance interval. This will result in a smaller Total Cost (TC) than before the optimal maintenance interval from Rp.50.205.185,35 to Rp.10.704.136,93 for servo, Rp.44.170.847,17 to Rp.2.620.232, 05 for heater, and Rp.39.165.110,65 to Rp.9.430.000,02 for gripper. The company is expected to pay more attention to the critical component aspects of the machine that has the highest downtime and clearly reconcile the component failure data. to get better productivity and minimize expenses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/728/051800355
Uncontrolled Keywords: Keandalan, Komponen, Leepack Hot Filling, RCM II
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.004 Design, testing, measurement, quality, maintenance, repair > 620.004 6 Maintenance and repair
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 26 Jan 2018 03:14
Last Modified: 03 Nov 2021 01:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8453
[thumbnail of 1.BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
1.BAGIAN DEPAN.pdf

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of 2.BAB I.pdf]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 3.BAB II.pdf]
Preview
Text
3.BAB II.pdf

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of 4.BAB III.pdf]
Preview
Text
4.BAB III.pdf

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 5.BAB IV.pdf]
Preview
Text
5.BAB IV.pdf

Download (996kB) | Preview
[thumbnail of 6.BAB V.pdf]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 7.DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item