Analisis Strategi Pengembangan Produk Kopi Olahan pada Outlet Pabrik Pengolahan Pasca Panen Kopi dan Kakao di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia

Desiani, Liesna Putri (2017) Analisis Strategi Pengembangan Produk Kopi Olahan pada Outlet Pabrik Pengolahan Pasca Panen Kopi dan Kakao di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan sebuah strategi pengembangan produk, perusahaan perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan itu sendiri. Selain mengetahui kekuatan dan kelemahan, perusahaan juga perlu mempertimbangkan peluang yang ada, serta menghindari atau meminimalkan ancaman-ancaman yang mungkin pada saat ini atau pada masa mendatang akan dihadapi oleh perusahaan. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia atau yang dikenal dengan nama PUSLITKOKA Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibiidang agroindustri. Produk hasil olahan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia yaitu kopi olahan. Permasalahan pada produk kopi olahan yaitu kurang terkenalnya merk produk dikarenakan kurang optimalnya strategi pengembangan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan produk yang diterapkan oleh perusahaan, menganalisis faktor-faktor eksternal dan internal apa saja yang dapat dijadikan kekuatan dan hambatan terkait strategi pengembangan produk yang diterapkan oleh perusahaan, menganalisis alternatif strategi yang efektif yang dapat diterapkan oleh perusahaan pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia khususnya dalam produk kopi olahan yaitu strategi promosi tempat wisata sebagai daya tarik pengunjung serta strategi mempertahankan kualitas produk. Terdapat berbagai faktor-faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan perusahaan, serta faktor-faktor eksternal yang meliputi peluang dan ancaman perusahaan. Kekuatan utama perusahaan yaitu kualitas produk terjamin. Kelemahan utama perusahaan yaitu tidak dijualnya produk di tempat lain. Peluang utama perusahaan yaitu meningkatnya konsumsi kopi di masyarakat, serta ancaman utama perusahaan yaitu peningkatan biaya bahan baku serta terdapat sembilan strategi alternatif yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi pengembangan produk telah dilakukan oleh perusahaan meskipun masih kurang begitu optimal. Oleh karena itu melalui analisis yang dilakukan ditemukan strategi alternatif yang paling tepat untuk dilakukan oleh perusahaan. Strategi alternatif yang paling tepat serta mempunyai daya tarik tinggi untuk perusahaan yaitu strategi penjualan produk serta promosi secara online. Saran untuk perusahaan yaitu perusahaan diharapkan lebih intensif lagi dalam melakukan promosi produk agar produk kopi olahan bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat dan meningkatkan tingkat penjualan bagi perusahaan.

English Abstract

Application of a product development strategy, companies need to know the strengths and weaknesses of the company itself. In addition to knowing the strengths and weaknesses, the company also needs to consider the opportunities that exist, as well as avoid or minimize threats that may or may not be faced by the company in the future. Indonesian Coffee and Cocoa Research Institute or known as PUSLITKOKA Indonesia is one of the companies engaged in agro-industry. Processed products of Indonesian Coffee and Cocoa Research Institute are processed coffee. Problems in processed coffee products are less well-known product brands due to less optimal product development strategy. This study aims to analyze the product development strategy implemented by the company, analyze what external and internal factors can be used as strengths and obstacles related to product development strategies implemented by the company, analyze the alternative effective strategies that can be applied by the company at the present time and the future. The result of this research is product development strategy conducted by Indonesian Coffee and Cocoa Research Institute especially in processed coffee product that is tourism promotion strategy as visitor attraction and strategy to maintain product quality. There are various internal factors that include the strengths and weaknesses of the company, as well as external factors that include the opportunities and threats of the company. The main strength of the company is product quality is assured. The main disadvantage of the company is not selling the product anywhere else. The main opportunities of the company are the increasing consumption of coffee in the community, as well as the main threat of the company is the increase in raw material costs and there are nine alternative strategies that can be applied by the company. Based on the above results, it can be concluded that the implementation of product development strategy has been done by the company although still less so optimal. Therefore, through the analysis conducted found the most appropriate alternative strategy to be done by the company. The most appropriate alternative strategy and high attractiveness for the company is the product sales strategy and online promotion. Suggestions for the company is the company is expected to be more intensive in promoting the product so that the processed coffee products can be known more widely by the community and increase the selling rate for the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/928/051711832
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.57 Research and Development
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 21 Dec 2017 03:50
Last Modified: 29 Sep 2022 06:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7361
[thumbnail of LIESNA PUTRI DESIANI..pdf] Text
LIESNA PUTRI DESIANI..pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item