Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi Celup "UNO" di CV. Coffee Roema, Malang

Pamungkas, Kristian Bintang (2017) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi Celup "UNO" di CV. Coffee Roema, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mengkonsumsi kopi dikalangan masyarakat merupakan hal yang tidak asing lagi. Namun jika melihat data konsumsi kopi di Indonesia dari tahun 2002-2015 cendurung mengalami penurunan. Konsumsi kopi di Indonesia pada tahun 2002 sebesar 1,298 kg/kapita/tahun dan menurun pada tahun 2015 yang hanya sebesar 0,896 kg/kapita/tahun. Bagi pelaku usaha pengolahan kopi, penurunan angka konsumsi kopi tersebut merupakan salah satu ancaman baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil atau menengah (UMKM). Di era modern saat ini, konsumen lebih menyukai segala sesuatu yang mudah dan praktis. CV. Coffee Roema memberikan inovasi yaitu produk kopi celup. Kopi celup merupakan kopi murni yang dikemas didalam kantong celup. Keunggulan dari produk ini yang pertama yaitu konsumen dapat menikmati kopi hitam dengan cita rasa yang pas karena sudah memiliki takaran untuk satu kali konsumsi. Kemudian bagi sebagian konsumen penikmat kopi tidak menyukai sisa dari ampas kopi, sehingga dengan mengkonsumsi kopi celup konsumen tidak akan mendapatkan sisa dari ampas kopi, sehingga dengan mengkonsumsi kopi celup konsumen tidak akan mendapatkan sisa ampas kopi pada minuman mereka. Selain itu kopi celup “Uno” aman untuk dikonsumsi karena terbuat dari kopi murni tanpa adanya pengawet maupun bahan kimia berbahaya lainnya. CV. Coffee Roema yang berlokasi di Jl. Malang No.4 Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Mengetahui kondisi internal maupun eksternal pada CV. Coffee Roema. (2) Mengidentifikasi alternatif strategi pengembangan yang tepat untuk CV. Coffee Roema. Teknik penentuan responden perusahaan yaitu nonprobability sampling dengan cara mencari key informan yaitu pemilik usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan alat analisis IFAS, EFAS, matriks IE, matriks SWOT dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan nilai IFAS yang diperoleh sebesar 2,45 dan nilai EFAS yang diperoleh sebesar 3,04. Berdasarkan hasil analisis IE menunjukkan jika perusahaan terletak pada sel ke-II sehingga perlu melakukan growth strategy. Hasil analisis SWOT didapatkan 6 strategi, dimana prioritas pelaksanaan strategi menggunakan matriks QSPM yang harus diterapkan adalah (1) Menjaga kualitas produk kopi celup, (2) Memperbaiki manajemen dalam perusahaan, (3) Mempekerjakan karyawan tetap untuk operasional dan produksi, (4) Meminjam modal melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat), (5) Menjadikan oleh-oleh dari Kota Malang, (6) Mengembangkan inovasi produk dari produk yang sudah ada.

English Abstract

Consuming coffee among people is familiar. But if you look at data on coffee consumption in Indonesia from 2002-2015 is decrease. Coffee consumption in Indonesia in 2002 1,298 kg/capita/year and decreased by 2015, which was only 0.896 kg/capita/year. For the Coffee business, the decrease in coffee consumption is one of the threat of both large companies and small and high companies (MSMEs). In modern era, consumers prefer everything easy and practical. CV. Coffee Roema provides innovation that is coffee bags. Coffee bags is pure coffee packaged in a paper bag. The advantages of this product is the consumer that can enjoy black coffee with the right taste because it already has a dose for one time consumption. Then for some coffee connoisseurs do not like the rest of the coffee grounds, so by consuming coffee bags consumers will not get the rest of the coffee grounds on their drinks. Moreover, coffee bags "Uno" is safe for consumption because it is made from pure coffee without preservatives or other harmful chemicals. CV. Coffee Roema located in Jl. Malang No.4 Kecamatan Kepanjen, Regency of Malang. The purpose of this study can be formulated as follows: (1) Knowing the internal and external conditions on the CV. Coffee Roema. (2) Identify alternative development strategies appropriate for CV. Coffee Roema. The technique of determining the respondent company that is nonprobability sampling by searching for key informant that is business owner CV. Coffee Roema. The method used in this research is by using analysis tool of IFAS, EFAS, IE matrix, SWOT matrix and QSPM matrix. The results showed that IFAS values 2.45 and the EFAS value 3.13. Based on the results of IE analysis shows if the company is located on the second cell so it needs to do growth strategy. SWOT analysis results obtained 7 strategies, where the priority of strategy implementation using QSPM matrix to be applied is (1) Maintaining the quality of coffee bags products (2) Improve marketing with online media (3) Cooperate with retail stores (4) Borrow capital through KUR (5) Recruiting employees for operations and production (6) cooperate with government or university to create production machine (7) Making coffee bags as souvenir from Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/524/051710711
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.17 Products > 338.173 73 Products (Coffee)
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 30 Nov 2017 01:56
Last Modified: 05 Oct 2020 11:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6239
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item