Strategi Pengembangan UMKM CV. Kopi Luwak Dampit, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Ahadiyyah, Wardatil (2017) Strategi Pengembangan UMKM CV. Kopi Luwak Dampit, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia terdapat berbagai macam jenis kopi dengan harga yang beragam sesuai dengan jenisnya. Salah satu varian kopi sepsialiti Indonesia yaitu kopi luwak (luwak coffee) yang sudah tidak asing lagi jika harga dari kopi luwak cukup tinggi. Minat masyarakat Indonesia terhadap kopi luwak menyebabkan munculnya berbagai perusahaan yang menjadikan hal tersebut sebagai potensi untuk membuat industri. UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan salah satu jenis usaha yang sedang berkembang di Indonesia. Seiring berkembangnya zaman maka jumlah pengusaha UMKM akan semakin meningkat pula, sehingga menyebabkan semakin ketatnya persaingan antar pengusaha yang bergerak di bidang serupa. Hal ini dirasakan juga oleh CV. Kopi Luwak Dampit yang berlokasi di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta ancaman dan peluang dari CV. Kopi Luwak Dampit. Selain itu, penelitian ini juga merumuskan strategi pengembangan usaha yang tepat dalam menghadapi permasalahan dan memilih strategi pengembangan usaha terpilih yang tepat untuk dilakukan oleh CV. Kopi Luwak Dampit. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Penentuan lokasi dipilih dengan pertimbangan bahwa CV. Kopi Luwak Dampit merupakan UMKM yang berpotensi untuk berkembang. Selain itu, produk kopi luwak produksi CV. Kopi Luwak telah berhasil memenangkan beberapa festival kopi yang diselenggarakan oleh pemerintah.Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan responden internal yaitu pemilik dari CV. Kopi Luwak Dampit yang dianggap mengetahui kondisi intern dan ekstern perusahaan. Pada penelitian ini, analisis matriks IFE (Internal Matriks Evaluation) dan EFE (Eksternal Matriks Evaluation) digunakan untuk menemukan faktor internal seperti kekuatan (strenghts) dan kelemahan (Weakness) serta faktor eksternal seperti peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang dihadapi oleh CV. Kopi Luwak Dampit. Matriks IFE menunjukkan bahwa yang menjadi kekuatan terbesar dari CV. Kopi Luwak Dampit yaitu lokasi UMKM yang dekat dengan bahan baku dengan total skor sebesar 0,437. Sedangkan yang menjadi kelemahan terbesar dengan skor tertinggi yaitu 0,135 untuk manajemen pemasaran yang masih belum baik. Analisis matriks EFE (External Factor Evaluation) berfokus pada peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh CV. Kopi Luwak Dampit. Masing-masing skor tertinggi yaitu pada peluang sebesar 0,607 untuk dukungan pemerintah, sedangkan pada ancaman skor tertinggi yaitu 0,360 untuk produk dari produsen ternama. Berdasarkan hasil analisis matriks IFE dan EFE menunjukkan total skor fakotr internal sebesar 3,055 dan faktor eksternal sebesar 3,663. Hasil nilai tersebut menunjukkan pertemuan 2 sumbu pada matriks IE (Internal-Eksternal) yang menunjukkan posisi CV. Kopi Luwak Dampit saat penelitian berlangsung, yaitu pada kuadran I. Kuadran I menunjukkan bahwa strategi yang cock pada posisi ini antara lain strategi intensif seperti market penetration, market development, dan product development atau strategi terintegrasi seperti backward integration, forward integration, dan horizontal integration. Analisis SWOT ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities) namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weakness) dan Ancaman (Threats). Dengan menggunakan analisis SWOT, maka peneliti telah merumuskan beberapa strategi yang kemudian akan disusun seusai dengan prioritasnya berdasarkan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Berikut adalah beberapa strategi yang dihasilkan: (1.) Memperluas jaringan pemasaran dengan memanfaatkan peluang pasar, (2). Melakukan strategi harga, (3). Menambah kapasitas produksi, (4). Mengikuti kegiatan seminar untuk memperbaiki sistem manajemen, (5). Meningkatkan promosi dengan menggunakan media sosial, (6). Melakukan inovasi produk, (7). Mengevaluasi dan memperbaiki istem pemasaran produk dan (8). Menjaga serta meningkatkan kualitas produk. Berdasarkan hasil penelitian ini, adapun saran yang diberikan adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dari produk kopi luwak serta terus memantau penggunaan bahan baku yang berkualitas untuk menghasilkan produk yang berkualitas pula. Selain itu, CV. Kopi Luwak Dampit diharapkan dapat mempertimbangkan hasil dari strategi yang telah dirumuskan pada metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) sebagai alternatif strategi untuk mengembangkan UMKM.

English Abstract

In Indonesia there are various types of coffee with different prices based on the type of coffe. One of variant of Indonesian speciality coffee is civet coffee (luwak coffee). The Indonesian society's interest of civet coffee causes the emergence of various companies that make it as a potentcy to make an industry. SME (Small Micro Enterprises) is one type of developing business in Indonesia. As the development of the era, the number of SME will be increasing as well, thus causing increasingly intense competition among entrepreneurs.This situation also felt by CV. Kopi Luwak Dampit that located at Dampit, Malang District, East Java. The purpose of this research is to identify internal and external factors that become strengths and weaknesses as well as threats and opportunities from CV. Kopi Luwak Dampit. Beside that, this research also formulates the right business development strategy that can be used to facing the problem and choosing the right business development strategy for CV. Kopi Luwak Dampit. The research location was determined by purposive method which consider that CV. Kopi Luwak Dampit is a potential SME that can be growth. In addition, the product of luwak coffee production of CV. Kopi Luwak has managed to win several coffee festivals organized by the government. Determination of respondents in this research using internal respondents which is the owner of the CV. Kopi Luwak Dampit as the pershon who knows about internal and external conditions of the company. In this research, IFE (Internal Matrix Evaluation) and EFE (External Matrix Evaluation) matrix analyzes were used to find internal factors such as strenghts and weakness and the external factors such as opportunities and threats of CV. Kopi Luwak Dampit. IFE matrix indicates that the biggest strength of CV. Kopi Luwak Dampit is the location of SME’s that close to the source of raw material with 0,437 as the total score. Meanwhile the biggest weakness with the highest score is 0.135 for poor marketing management. The EFE (External Factor Evaluation) matrix analysis focuses on the opportunities and threats od CV. Kopi Luwak Dampit. Each of the highest scores is on an opportunity of 0.607 for government support, while at the highest scoring threat is 0.360 for products from reputable company. Based on the results of IFE and EFE matrix analysis showed total internal fakotr score of 3.055 and external factor of 3.663. The result of the value, indicates a 2-axis encounter on the IE (Internal-External) matrix showing the position of CV. Kopi Luwak Dampit during the research. The result is CV. Kopi Luwak Dampit took place in quadrant I. Quadrant I showed that the best strategy in this position were intensive strategy such as market penetration, market development, and product development or integrated strategy such as backward integration, forward integration, and horizontal integration. This SWOT analysis based on the logic that can maximize Strength and Opportunities but can simultaneously minimize Weakness and Threats. By using SWOT analysis, the researcher has formulated some strategies that will be arranged in according the priority based on QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) method. Here are some of the strategies: (1) Expanding network marketing by exploiting market opportunities, (2). Pricing strategy, (3). Increasing production capacity, (4). Attending seminars to improve the management system, (5). Increasing promotion by using social media, (6). Innovate the product, (7). Evaluate and improve product marketing system and (8). Maintain and improve product quality. Based on the results of this research, the researcher recommend to maintain and improve the quality of luwak coffee products from CV. Kopi Luwak Dampit and continue to monitor the use of raw materials quality to produce the best quality products. Beside that, CV. Kopi Luwak Dampit is expected to consider the results of the strategy that had been formulated on QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) method as an alternative strategy to develop the SME.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/545/051710732
Uncontrolled Keywords: UMKM, Pengembangan, Kopi Luwak
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.17 Products > 338.173 73 Products (Coffee)
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 27 Nov 2017 03:58
Last Modified: 06 Dec 2021 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6021
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item