Perbaikan Aspek Operasional Berbasis Hasil Pengukuran Kinerja PDAM Kota Malang dengan Metode Balanced Scorecard

Verdiyanti, Anindha Septian (2020) Perbaikan Aspek Operasional Berbasis Hasil Pengukuran Kinerja PDAM Kota Malang dengan Metode Balanced Scorecard. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai sarana penyedia air bersih yang diawasi dan dimonitor oleh aparat-aparat eksekutif maupun legislatif daerah. Sebagai perusahaan daerah PDAM diberi tanggungjawab untuk mengembangkan dan mengelola sistem penyediaan air bersih serta melayani semua kelompok konsumen dengan harga yang terjangkau. PDAM Kota Malang tentu memiliki visi misi perusahaan yang ingin dicapai. Untuk dapat mengetahui sejauh mana visi misi perusahaan telah tercapai maka diperlukan adanya pengukuran kinerja. Dari pedoman pengukuran kinerja yang berasal dari keputusan Menteri Dalam Negeri diketahui bahwa terjadi penurunan pada aspek operasional. Selain itu, akan ada rencana perubahan sasaran perusahaan sehingga diperlukan adanya pengukuran kinerja secara keseluruhan baik dari segi financial maupun nonfinancial untuk mengetahui penyebab indikator yang kinerjanya menurun serta dijadikan bahan evaluasi agar kinerja perusahaan dapat terus meningkat. Penelitian ini menggunakan balanced scorecard yang terdiri dari perspektif financial, perspektif customer, perspektif internal business process, dan perspektif learning and growth untuk mengetahui akar penyebab permasalahan untuk indikator yang kinerjanya masih belum mencapai target perusahaan. Dalam penelitian ini dilakukan identifikasi strategy objective, pembuatan strategy map, identifikasi key performance indicator, pembobotan antar perspektif, strategy objective, dan KPI, perhitungan skor pencapaian kinerja menggunakan objective matrix dan traffic light system, serta memberikan rekomendasi perbaikan dari KPI yang berada pada kategori merah dan kuning. Hasil dari penelitian ini adalah pengukuran kinerja PDAM Kota Malang pada tahun 2018 menunjukkan nilai current performance indicator sebesar 7,042 yang termasuk dalam kategori kuning. Artinya kinerja yang dimiliki perusahaan sudah cukup baik namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki untuk kedepannya. Terdapat 15 strategy objective dan 43 KPI yang digunakan untuk melakukan pengukuran kinerja. Terdiri dari 5 KPI perspektif financial, 10 KPI perspektif customer, 19 KPI perspektif internal business process, dan 9 KPI perspektif learning and growth. Berdasarkan traffic light system diperoleh rincian 3 KPI kategori merah, 11 KPI kategori kuning, dan 29 KPI kategori hijau. Untuk KPI yang berada pada kategori merah dan kuning selanjutnya dilakukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui penyebab KPI tersebut belum mencapai target perusahaan dengan menggunakan root cause analysis. Berdasarkan hasil identifikasi dengan RCA diperoleh sebanyak 13 rekomendasi perbaikan yang diberikan dari hasil pengukuran kinerja yang telah dilakukan.

English Abstract

The Regional Drinking Water Company (PDAM) of Malang City is one of the Regionally Owned Enterprises (BUMD) as a means of providing clean water that is controlled and monitored by the regional executive and legislative apparatus. As a regional company, PDAM is given the responsibility to develop and manage a water supply system and serve all groups of consumers at an affordable price. PDAM Malang City certainly has a vision and mission of the company to be achieved. To be able to know the extent to which the company's vision and mission have been achieved it is necessary to performance measurement. From the performance measurement guidelines that came from the decision of the Minister of the Home Affairs, it is known that there is a decrease in operational aspects. In addition, there will be a plan to change the company's targets so that it is necessary to measure overall performance both in financial and nonfinancial terms to find out the causes of indicators which performance is decreasing and used as an evaluation so the company performance can more be increasing. This research used a balanced scorecard consisting of financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and learning and growth perspective to determine the root causes of problems for indicators which performance has not yet reached the company's target. In this research started from the identification of objective strategies, making strategy maps, identifying key performance indicators, weighting between perspectives, objective strategies, and KPIs, calculating performance achievement scores using objective matrices and traffic light systems, and give the recommendations for improvement KPIs in the red category and yellow category. The results of this research are the performance measurement of Malang City PDAM in 2018 showing the value of the current performance indicator of 7.042 which is included in the yellow category. This means that the performance of the company is good enough, but there are still some things that need to be improved in the future. There are 15 objective strategies and 43 KPIs used to measure performance. Consists of 5 KPI financial perspective, 10 KPI customer perspective, 19 KPI internal business process perspective, and 9 KPI learning and growth perspective. Based on the traffic light system, there are 3 red KPI categories, 11 yellow KPI categories, and 29 green KPI categories. For KPIs that are in the red and yellow categories, further analysis is carried out to determine the cause of the KPI has not reached the company's target by using a root cause analysis. Based on the results of identification with the RCA obtained 13 recommendations for improvement given from the results of performance measurements that have been made.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520070052
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Key Performance Indicator (KPI), Traffic Light System, Root Cause Analysis , Performance Measurement, Balanced Scorecard, Key Performance Indicator (KPI), Traffic Light System, Root Cause Analysis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.306 Job analysis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Bambang Septiawan
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:28
Last Modified: 10 Jan 2023 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182219
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520070052-Anindha Septian Verdiyanti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item