Analisis Pengelolaan Personal Branding Pada Atlet Bulutangkis Indonesia Melalui Instagram (Analiasis Isi Kualitatif pada Akun Instagram @fajaralfian95 dan @rianardianto)

Issiana, Leni (2019) Analisis Pengelolaan Personal Branding Pada Atlet Bulutangkis Indonesia Melalui Instagram (Analiasis Isi Kualitatif pada Akun Instagram @fajaralfian95 dan @rianardianto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media sosial adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan saat ini. Instagram merupakan salah satu media sosial dengan tingkat pengguna paling tinggi di Indonesia. Masyarakat menggunakan Instagram dengan berbagai macam tujuan. Salah satu tujuan seseorang menggunakan Instagram adalah sebagai media personal branding. Personal Branding merupakan sebuah kegiatan bagaimana seseorang membentuk dan mempengaruhi cara berpikir orang lain tentang dirinya. Dewasa ini, pembentukan personal branding tidak hanya dilakukan pada dunia nyata, tetai juga dunia maya. Pembentukan personal branding pada dunia maya dapat dikatakan sebagai bentuk self packaging yang dilakukan oleh seorang individu dalam memasarkan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan personal branding yang dilakukan oleh seorang individu melalui akun Instagram yang dimiliki. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan akun Instagram @fajaralfian95 dan @rianardianto sebagai objek penelitian. Peneliti mengambil lima puluh (50) unggahan dari masing-masing akun untuk dijadikan unit analisis. Dari lima puluh (50) unggahan tersebut kemudian dianalisis berdasarkan konsep personal branding yang digunakan. Hasil dalam penelitian menunjukan Fajar dan Rian melakukan pengelolaan personal branding melalui konten yang diunggah pada akun Instagram @fajaralfian95 dan @rianardianto. Pengelolaan personal brand yang dilakukan keduanya tidak lepas dari fitur Instagram yang mereka gunakan. Fajar membentuk personal brand dirinya sebagai seorang atlet yang friendly dan ceria. Sedangkan Rian membentuk personal brand dirinya sebagai seorang atlet yang cool, dan juga saleh.

English Abstract

Social media is inseperable from our daily contemporary lives. Instagram is one of the most-used social media in Indonesia. The motives vary. Personal branding is one of the reasons why people use Instagram. Personal branding is an activity by which a certain individual form and influence larger audience’s perception about that individual. Lately, personal branding is not only being done in the real world but also in the digital world. Digital personal branding could be seen as a form of self packaging effort to help market certain individual. This research’s goal is to shed some light on the personal branding management done by an individual through his or her Instagram account. This research uses two Instagram account as its object which are @fajaralfian95 and @rianardianto. The analytical unit used in this research are fifty Instagram posts from both accounts. They are then analysed using personal branding concept. The result show that Fajar and Rian in fact do personal branding through their Instgram accounts. Fajar constructed his personal brand as a friendly and cheerful athlete, while Rian built his personal brand as a cool and pious athlete.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/41/051902413
Uncontrolled Keywords: Personal Branding , Atlet Bulutangkis, Virtual Identity, Digital Storytelling Personal Branding, Badminton Athlete, Virtual Identity, Digital Storytelling
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.24 Content
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Jun 2020 02:11
Last Modified: 21 Dec 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169032
[thumbnail of Leni Issiana (2).pdf]
Preview
Text
Leni Issiana (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item