Pemanfaatan New Media oleh Band Indie di Kota Malang (Studi kasus pada website iHeartGigs)

Putra, Lucky Brinanda (2018) Pemanfaatan New Media oleh Band Indie di Kota Malang (Studi kasus pada website iHeartGigs). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin merajalela, salah satunya ialah internet. Dalam Ilmu Komunikasi internet digolongkan menjadi new media. Media yang ada di dalam new media pun bermacam-macam, salah satunya adalah website. Salah satu aspek yang juga memanfaatkan new media adalah musik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan oleh band indie Kota Malang pada website iHeartGigs. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori Difusi Inovasi. Peneliti mengambil data untuk penelitian ini melalui wawancara mendalam semi-terstruktur. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat new media yang dirasakan oleh band indie di Kota Malang adalah dapat memperluas jangkauan pemasaran karya dari sebuah band indie di Kota Malang. Band indie di Kota Malang sudah memanfaatkan new media website iHeartGigs dengan baik, namun dari sisi komunikasi kepada media masih kurang.

English Abstract

Nowadays, technological developments increasingly rampant, one of the example is internet. In Communication Science internet classified as new media. Media that is in the new media also vary, one them is website. One aspect that also utilizes new media is music. This study was conducted to determine the benefits of what is obtained by indie bands of Malang on iHeartGigs website. This research is a descriptive qualitative research with Diffution Innovation theory. Researchers took data for this study through in-depth semi-structured interviews. The results show that the benefits of new media perceived by indie bands in the city of Malang is able to expand the reach of marketing works of an indie band in Malang. Indie band in Malang City already utilize new media website iHeartGigs well, but from communication side to media still bad.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/644/051808271
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan new media, teori Difusi Inovasi, band indie, musik indie utilization of new media, Diffution Innovation theory, indie band, indie music
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Aug 2019 07:34
Last Modified: 22 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164301
[thumbnail of Lucky Brinanda Putra.pdf]
Preview
Text
Lucky Brinanda Putra.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item