Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada Hotel Bintang III di Kota Kupang)

Batilmurik, RidolofWenand (2010) Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada Hotel Bintang III di Kota Kupang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial serta variabel yang berpengaruh dominant dari variabel-variabel pelatihan dan variabel kompensansi, diantaranya variabel kualitas pelatih, metode pelatihan, pengalaman pembelajaran, kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung terhadap kepuasan kerja karyawan (studi pada hotel bintang III di Kota Kupang). Penelitian dilakukan di 2 hotel bintang III, yakni Hotel Kristal dan Sasando International Hotel dengan jumah sample sebanyak 94 karyawan pada 3 departemen yakni departement food and baverage, department house keeping dan departemen front office. Teknik yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Pengujian instrument menggunakan validitas dan realibilitas. Metode analisis adalah asumsi klasik (normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterkesaditias), analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan uji F dan uji t dengan tingkat signifikansi 5 %. Hasil studi menjukan bahwa variabel-variabel dari konsep pelatihan dan kompensasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada hotel bintang III tersebut. Sementara hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa kualitas pelatih dan kompensasi tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Sementara metode pelatihan, pengalaman pembelajaran dan kompensasi langsung berpengaruh signifikan. Selanjutnya, metode pelatihan merupakan variabel dominant yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan.

English Abstract

research aims are to analize and test influence of training and compensation both simultaneously and partial and which variables is dominant toward employeers job satisfaction likes quality of trainers, method of training, learnying experience, direct compensation and inderct compensation study on 3-stars in Kupang City. research location in two hotels on 3-stars are: Kristal and Sasando Internatonal Hotel, consists of 94 empl o yeers in 3 departements like: departement food and baverage, department house keeping dan departemen front office. Technic using by purposive sampling. Instrument test used validity and reliability test. Data analize method is classic assumption test (normality test, multicolinierity test, heterskesiditas test), multiple regression analize, and hypo sis tesis test use both F test and t test by 5% significant level. result of research indicated that training and compensation simultaneously influence positive significant toward employe e rs job satisfaction on 3-stars hotel in Kupang City. However based on t test result partially that quality trainers and indirect compensation has not significant toward employe e rs job satisfaction. Method of training is dominant influence toward emplyeers job satisfaction.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.312 4/BAT/p/041002542
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 21 Jan 2011 09:58
Last Modified: 21 Jan 2011 09:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159464
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item