Pengaruh Formulasi Medium dan Kecepatan Agitasi Terhadap Pembentukan Sphere-like Bacterial Cellulose Particles (SCP) oleh Acetobacter xylinum

Widyawati, Lisa (2016) Pengaruh Formulasi Medium dan Kecepatan Agitasi Terhadap Pembentukan Sphere-like Bacterial Cellulose Particles (SCP) oleh Acetobacter xylinum. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selulosa bakteri merupakan produk bioteknologi pangan berupa eksopolisakarida yang tersusun atas homopolimer molekul β-D-1,4 glukosa dengan ikatan glikosidik yang dihasilkan oleh bakteri Acetobacter xylinum melalui proses fermentasi. Metode fermentasi dengan kultur statis menghasilkan selulosa bakteri berbentuk lembaran menyerupai gelatin yang berada pada permukaan medium. Produk nata yang telah dikomersialkan yaitu menggunakan kultur statis. Untuk menghasilkan nata yang variatif dilakukan pada kultur agitasi. Kultur agitasi adalah metode untuk menghasilkan nata berbentuk bulat sphere-like bacterial cellulose particles (SCP) yang diatur sesuai dengan kecepatan agitasi. Untuk meningkatkan produktivitas selulosa bakteri dilakukan formulasi medium dan kecepatan agitasi yang tepat untuk menghasilkan SCP. Penelitian tahap I yaitu menentukan formulasi medium yang tepat untuk meningkatkan rendemen selulosa bakteri dengan perlakuan antara lain: media I. air kelapa+sukrosa, II. Airkelapa + glukosa, III. Air kelapa + sukrosa + ekstrak khamir, IV. Air kelapa + Glukosa + Ekstrak khamir, V. Aquaset + sukrosa + ekstrak khamir , VI. Aquades + glukosa + Ekstrak khamir.. sedangkan Penelitian tahap 2 yaitu menentukan kecepatan agitasi yang tepat untuk menghasilkan SCP dengan perlakuan antara lain: 0 rpm, 100 rpm, 125 rpm dan 150 rpm. Pada penelitian ini masing-masing tahapan penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan tiap perlakukan dilakukan 3 kali ulangan. Dilakukan analisis sidik ragam (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji BNT jika berbeda nyata dengan α= 0,01 %. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa formulasi yang tepat dalam meningkatkan produktivitas selulosa bakteri yaitu pada mediaI dengan komposisi air kelapa + sukrosa. Rendemen yang dihasilkan Media I 34,79%, Media II 2,61 %, Media III 13,76, Media IV 6,15%, Media V. 2,45 dan Media VI. 0.01%. sedangkan pengaruh kecepatan agitasi yang tepat untuk menghasilkan SCP yaitu dihasilkan pada perlakuan II dengan kecepatan agitasi 100 rpm sedangkan agitasi 0 rpm berbentuk lembaran dan kecepatan agitasi 125 rpm dan 150 rpm berbentuk gumpalan serabut.rerata diameter SCP yaitu 0,43 cm dengan jumlah SCP 1816. Hasil sensoris panelis lebih suka pada produk SCP yang dihasilkan pada kecepatan agitasi 100 RPM dengan atribut warna, dan tampilan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/572.566 82/WID/p/2016/041702368
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 572 Biochemistry > 572.5 Miscellaneous chemicals
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 May 2017 14:32
Last Modified: 03 May 2017 14:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157661
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item