Kinetika Degradasi Termal Karotenoid Pada Proses Evaporasi Pembuatan Konsentrat Puree Tomat (Lycopersicum Esculentum Mill.)

Kurniawati, AjengDyah (2016) Kinetika Degradasi Termal Karotenoid Pada Proses Evaporasi Pembuatan Konsentrat Puree Tomat (Lycopersicum Esculentum Mill.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsentrat tomat adalah salah satu produk olahan tomat yang banyak digunakan di industri pangan. Hal ini karena konsentrat tomat memiliki umur simpan yang lebih lama sehingga lebih awet dibandingkan tomat segar serta mempermudah dalam proses distribusi dan penyimpanan. Evaporasi merupakan proses yang sangat penting dalam pembuatan konsentrat tomat. Hal ini karena suhu yang digunakan pada proses evaporasi memungkinkan terjadinya kerusakan komponen pigmen karotenoid yang dapat mempengaruhi warna dan nilai gizi dari produk yang dihasilkan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai model kinetika degradasi termal karotenoid selama proses evaporasi sehingga dapat digunakan untuk pengembangan metode untuk meminimalisasi perubahan kualitas yang tidak diinginkan pada produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh proses evaporasi terhadap karakteristik konsentrat tomat yang dihasilkan, mengetahui nilai konstanta laju reaksi dan energi aktivasi serta mengetahui pengaruh kondisi evaporasi terhadap stabilitas pigmen karotenoid pada produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan satu faktor yaitu suhu evaporasi yang terdiri dari 5 suhu yaitu, 50 55, 60, 65, dan 70 0C. Interval waktu pengambilan sampel yang digunakan untuk perhitungan model kinetika adalah 5 menit. Semua data dianalisis dengan menggunakan uji T – berpasangan dengan taraf 5%. Hasil penelitian pada uji T bertaraf 5% menunjukkan bahwa proses evaporasi berpengaruh nyata terhadap parameter karakteristik konsentrat tomat yaitu kadar air, kadar total karotenoid, kadar vitamin C, kadar total asam, dan aktivitas antioksidan. Laju evaporasi mengalami peningkatan pada saat awal proses berlangsung kemudian menurun hingga akhir proses. Degradasi termal karotenoid dan vitamin C semakin meningkat seiring dengan peningkatan suhu evaporasi jika ditinjau dari berat kering bahan. Nilai konstanta laju reaksi pada reaksi degradasi karotenoid selama proses evaporasi vakum pada suhu 50, 55, 60, 65, dan 70 0C berturut – berturut adalah 0.0126, 0.0133, 0.0508, 0.0400, dan 0.0523. Sedangkan nilai konstanta laju reaksi pada reaksi degradasi selama proses evaporasi non vakum pada suhu 70 0C adalah 0.3780. Nilai energi aktivasi pada reaksi degradasi karotenoid selama proses evaporasi vakum adalah 73,03 KJ.mol-1. Pada analisa FTIR dan pola spektra pada kondisi vakum pun sudah terbentuk cis isomer. Pada kondisi non vakum kerusakan karotenoid yang terjadi lebih besar dibandingkan dengan kondisi vakum yang ditandai dengan hilangnya gugus Isopropyl yang merupakan kerangka dasar dari molekul karotenoid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/231/051605597
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:30
Last Modified: 24 Oct 2021 10:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150773
[thumbnail of JURNAL_REVISI.pdf]
Preview
Text
JURNAL_REVISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_FIX_HALAMAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_FIX_HALAMAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_FIX_HALAMAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_FIX_HALAMAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN_KEASLIAN_TUGAS_AKHIR.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN_KEASLIAN_TUGAS_AKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_REVISI.pdf]
Preview
Text
BAB_III_REVISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_PEMBAHASAN_HALAMAN_FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_PEMBAHASAN_HALAMAN_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_V_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item