Analisis Pola Deformasi Dan Energi Penyerapan Pada Crash Box Menggunakan Metode Quasi-Static Dengan Variasi Kecepatan Tumbukan Dan Model Material

Habib, RefqiKemal (2016) Analisis Pola Deformasi Dan Energi Penyerapan Pada Crash Box Menggunakan Metode Quasi-Static Dengan Variasi Kecepatan Tumbukan Dan Model Material. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Crash box merupakan sitem keamanan pasif yang diletakkan pada ujung rangka kendaraan yang berfungsi menyerap energi yang diakibatkan tabrakan baik dari depan kendaraan atau dari belakang kendaraan. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh besarnya kecepatan tumbukan (crosshead) dan model material terhadap besarnya penyerapan energi dan pola deformasi dari crash box saat dilakukan pengujian quasi-static ketika dikenai beban aksial secara simulasi numerik. Crash box yang digunakan dalam penelitian ini adalah intial fold tube crash box. Kecepatan tumbukan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 5 mm/s, 10 mm/s, dan 15 mm/s, sedangkan untuk model material yang digunakan adalah model material biliniear isotropic hardening dan model material Johnson-Cook. Metode penelitian yang digunakan adalah simulasi numerik dengan menggunakan software berbasis Metode Elemen Hingga atau Finite Element Method (FEM). Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa pola deformasi yang terbentuk pada semua model crash box baik dengan variasi kecepatan tumbukan atau dengan variasi model material adalah pola deformasi model axial axysimetric (Concertina). Dari penelitian ini juga diperoleh hasil bahwa: 1. semakin tinggi kecepatan tumbukan, maka nilai energi penyerapan juga semakin tinggi. 2. Nilai energi penyerapan crash box dengan model material bilinear isotropic harding lebih besar dibandingkan dengan crash box dengan model material Johnson-Cook.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/734/051608621
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Sep 2016 14:44
Last Modified: 21 Oct 2021 14:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144990
[thumbnail of 03._jurnal_v3.pdf]
Preview
Text
03._jurnal_v3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 01._Cover_Jurnal.pdf]
Preview
Text
01._Cover_Jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item