Strategi Pengembangan Usaha Produk Kacang Mete (Anacardium occidentale L.) (studi pada UKM Rumah Camilan Syafrida).

Aryanti, Riri (2016) Strategi Pengembangan Usaha Produk Kacang Mete (Anacardium occidentale L.) (studi pada UKM Rumah Camilan Syafrida). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peran sektor UMKM di suatu negara sangat penting sekali dalam menghadapi pasar bebas ASEAN (MEA). Hal ini dikarenakan UMKM memegang peranan di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di suatu negara, baik di negara berkembang seperti Indonesia maupun negara maju. UMKM memegang peranan yang cukup signifikan dalam perekonomian di Indonesia. Dilihat dari penciptaan nilai tambah bagi Produk Domestik Bruto (PDB) UMKM mampu berkontribusi sebesar 59,08 % (BPS, 2012). Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki jumlah sektor UMKM yang cukup besar, yakni 37.906 unit (Dinas Koperasi dan UMKM, 2016). Rumah Camilan Syafrida merupakan salah satu dari UMKM di kota Surabaya yang telah memiliki pangsa pasar berupa peritel besar, seperti Hero, Giant, Carrefour, Superindo, dan Hypermart hampir di seluruh Indonesia. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah hasil produksi produk kacang mete Rumah Camilan Syafrida masih belum optimal dalam pemasaran. Hal ini dikarenakan ketergantungan Rumah Camilan Syafrida dalam memasarkan produk kacang mete hanya terfokus pada supermarket saja. Selain itu, kurangnya modal untuk kegiatan produksi kacang mete. Hal ini dikarenakan sistem penjualan Rumah Camilan Syafrida dengan pihak supermarket menggunakan sistem konsinyasi, sehingga uang hasil penjualan yang digunakan untuk produksi selanjutnya menjadi terbatas. Berkaitan dengan hal tersebut, secara langsung akan berpengaruh pada kontribusi UMKM terhadap PDB yang jauh lebih kecil daripada kontribusi usaha besar, maka dari itu perlunya strategi pengembangan usaha. Oleh karena itu, dengan adanya strategi pengembangan usaha diharapkan mampu membantu Rumah Camilan Syafrida dalam menghadapi permasalahan yang terjadi. Tujuan penelitian adalah 1) mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal UKM Rumah Camilan Syafrida. 2) menganalisis strategi pengembangan usaha produk kacang mete pada UKM Rumah Camilan Syafrida. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis deksriptif kualitatif digunakan untuk menjawab tujuan pertama. Sedangkan matriks IFAS, matriks EFAS, matriks SWOT, matriks internal-eksternal, matriks grand strategy, dan Quantitive Strategy Planning Matrix (QSPM) bertujuan untuk menjawab tujuan kedua. Faktor Internal di UKM Rumah Camilan Syafrida memiliki 8 faktor strategis kekuatan dan 8 faktor strategis kelemahan. Faktor strategis yang memiliki kekuatan paling tinggi adalah lokasi produksi strategis. Sedangkan faktor strategis yang memiliki kelemahan paling tinggi, yakni desain kemasan kurang menarik. Selain itu, Rumah Camilan Syafrida memiliki faktor eksternal yang meliputi 6 faktor strategis peluang dan 6 faktor strategis ancaman. Faktor strategis yang memiliki peluang paling tinggi adalah pemerintah daerah provinsi Jawa Timur mendorong perkembangan UKM dalam menghadapi MEA 2016. Sedangkan faktor strategis yang memiliki ancaman paling tinggi adalah produk kacang mete impor. Prioritas alternatif strategi yang menjadi pilihan utama dalam ii pengembangan usaha kacang mete pada Rumah Camilan Syafrida berdasarkan matriks Quantitive Strategy Planning Matrix (QSPM) adalah penetrasi pasar dengan cara memperluas daerah pemasaran dan peningkatan promosi penjualan. Saran yang diberikan yakni, strategi penetrasi pasar dilakukan melalui promosi penjualan dengan cara memanfaatkan website dan media sosial yang telah dimiliki. Selain dengan cara promosi melalui website, media website dapat dimanfaatkan pemilik usaha untuk menjual produk kacang mete dengan cara online. Sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran Rumah Camilan Syafrida baik pasar dalam negeri maupun luar negeri. Strategi pengembangan produk dilakukan dengan inovasi produk kacang mete dengan cara menambah varian rasa dan varaisi kemasan kacang mete. Pengembangan produk juga dilakukan dengan memperbaiki desain kemasan produk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/434/051608319
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2016 09:44
Last Modified: 19 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131434
[thumbnail of 1._Cover.pdf]
Preview
Text
1._Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Pernyataan.pdf]
Preview
Text
3._Pernyataan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Lembar_Judul.pdf]
Preview
Text
2._Lembar_Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_I.pdf]
Preview
Text
7._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._Summary_sampai_daftar_lampiran.pdf]
Preview
Text
6._Summary_sampai_daftar_lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_II.pdf]
Preview
Text
8._BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 11._BAB_V.pdf]
Preview
Text
11._BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_III.pdf]
Preview
Text
9._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
10._BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_VI.pdf]
Preview
Text
12._BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13._LAMPIRAN_BARU.pdf]
Preview
Text
13._LAMPIRAN_BARU.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item